Kualifikasi Piala Asia U-23 2020: Vietnam Lumat Brunei Setengah Lusin Gol

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 22 Maret 2019
Kualifikasi Piala Asia U-23 2020: Vietnam Lumat Brunei Setengah Lusin Gol
Timnas Vietnam U-23 menang 6-0 atas Brunei Darussalam U-23 (Foto: Facebook VFF)

BolaSkor.com - Bermain di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3) malam WIB, timnas Vietnam U-23 menang telak 6-0 atas Brunei Darussalam di laga pertama grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Vietnam memuncaki klasemen diikuti Thailand yang menang 4-0 atas Indonesia.

Finalis Piala Asia U-23 2018, Vietnam, turun dengan formasi 3-4-3. Park Hang-seo, pelatih Vietnam, mengandalkan Thanh Binh, Duc Chinh, dan Hoang Duc di lini depan. Di atas kertas, Vietnam diunggulkan menang atas Brunei.

Benar saja, baru 10 menit laga berlangsung, Vietnam sudah langsung unggul melalui gol yang diciptakan penyerang bernomor punggung 18, Ha Duc Chinh. Menerima umpan silang dari Thanh Thinh, Duc Chinh menanduk bola dan mengonversinya jadi gol. 1-0.

Laga berjalan satu arah. Dominasi Vietnam bahkan berujung gol kedua yang tercipta di menit 24. Kali ini giliran bek Vietnam, Nguyen Thanh Chung, yang memanfaatkan kemelut di muka gawang Brunei dan menceploskan si kulit bundar ke gawang Brunei. Vietnam menjauh 2-0.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-23 Digilas Thailand 0-4

Dibantai Thailand, Indra Sjafri dan Asnawi Mangkualam Akui Timnas Indonesia U-23 di Bawah Performa

Pelatih Thailand Merasa Skuatnya Pantas Menang 4-0 atas Timnas Indonesia U-23

Park Hang-Seo

Berakhir? Tidak juga. Vietnam, dengan dukungan suporter tuan rumah, menutup paruh pertama dengan keunggulan 3-0 atas Brunei melalui gol yang diciptakan Dinh Thanh Binh di waktu tambahan babak pertama. Brunei tertinggal 0-3 di paruh pertama.

Vietnam melanjutkan superioritas mereka di babak kedua dengan menorehkan tiga gol tambahan atas Brunei, yang parahnya, bermain dengan 10 pemain setelah melakukan pelanggaran kepada Quang Hai di menit 75 di area terlarang.

Gol keempat Vietnam sebelumnya tercipta di menit 60. Nguyen Quang Hai mendribel bola melewati sejumlah pemain Brunei, lalu memberikan operan yang dikonversi menjadi gol oleh Trieu Viet Hung. 4-0 Vietnam menjauh.

Lalu pada menit 75, Hyunh Tan Sinh tanpa ampun mengonversi peluang dari titik putih menjadi gol. Muhammad Ishyra Asmin, kiper Brunei, pasrah melihat gawangnya kebobolan gol untuk kali kelima.

Situasi semakin panas untuk Brunei karena Vietnam mendapatkan penalti kedua di menit 90+1. Kali ini, giliran Quang Hai yang menjadi eksekutor penalti dan mengonversinya jadi gol. Kedudukan menjadi 6-0 dan Vietnam memberi pesan tegas kepada tim-tim rival Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Berikutnya, Vietnam akan melawan Indonesia di laga kedua grup yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Minggu (24/3) malam WIB, sementara Thailand bisa mengunci tiket ke fase berikutnya jika menang melawan Brunei Darussalam.

Susunan Pemain:

Vietnam: Tien Dung; Van Hau, Thanh Chung, Tan Sinh; Thanh Thinh, Viet Hung, Thai Quy, Tan Tai; Thanh Binh, Duc Chinh, Hoang Duc

Pelatih: Park Hang-seo

Brunei Darussalam: Muhammad Ishyra Asmin; Syakir Bin HJ Basri, Muhammad Nur Aiman, Muhammad Wafi Aminuddin, MD Haziq Kasyful, MD Martin Haddy, Rahimin Abdul Ghani, Abdul Hariz Herman, AK MD Azreen Eskander, Muhammad Hanif Hamir, Mohammad Ridhwan

Pelatih: Stephen Ng Heng Seng

Breaking News Kualifikasi piala asia Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-22 Timnas indonesia u-23 Vietnam Timnas vietnam Brunei darussalam Thailand Timnas Thailand Piala Asia U-23
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan