BolaSkor.com - Tim Nasional Jerman harus menelan kekalahan mengejutkan saat menjamu Makedonia Utara pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Hasil ini sekaligus mencoreng rekor sempurna Der Panzer selama 20 tahun terakhir.

Melakoni laga ketiga grup J di MSV Arena, Kamis (1/4) dini hari WIB, Jerman takluk dengan skor 1-2 dari Makedonia Utara. Hasil ini tentu diluar dugaan.

Jerman yang berstatus unggulan tentu diunggulkan untuk memenangi pertandingan ini. Selain bermain di kandang sendiri, tim asuhan Joachim Low juga unggul kualitas.

Namun hal itu tak terlalu terlihat di atas lapangan. Meski mendominasi permainan, Jerman kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara.

Baca Juga:

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris dan Italia Sempurna, Jerman Kalah Mengejutkan

Ban Kapten yang Dibuang Ronaldo Bisa Selamatkan Nyawa Anak Kecil

Lempar Ban Kapten, Cristiano Ronaldo Dikritik Legenda Juventus

Gol Goran Pandev ke gawang Jerman

Tim tamu bahkan mampu unggul lebih dulu pada injury time babak pertama. Goran Pandev yang berpengalaman tampil di Serie A membobol gawang Marc-Andre ter Stegen dari jarak dekat.

Itu merupakan kali pertama gawang Jerman dibobol lawan pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada dua laga sebelumnya, mereka mampu menang tanpa kebobolan.

Setelah kebobolan, Jerman memang mampu bangkit di babak kedua. Ilkay Gundogan sukses membuat kedudukan seimbang lewat titik penalti pada menit ke-63 setelah Leroy Sane dilanggar di kotak terlarang.

Jerman punya peluang emas untuk memenangi pertandingan saat Timo Werner mendapat peluang emas sepuluh menit jelang waktu normal berakhir. Namun sontekan penyerang Chelsea itu justru melebar meski tinggal berhadapan dengan kiper Makedonia Utara.

Kegagalan tersebut akhirnya harus dibayar mahal oleh Jerman. Makedonia Utara justru sukses mencetak gol kemenangan melalui aksi Eljif Elmas pada menit ke-85.

"Ini sangat mengecewakan karena kami tidak cukup segar dan melakukan kesalahan. Ketika kami bermain dengan cepat kami berbahaya tetapi kami tidak menemukan cara yang benar-benar mengancam.," kata Joachim Low usai pertandingan.

"Secara keseluruhan, mengecewakan kalah seperti itu di rumah."

Rekor tercoreng

Kekalahan ini tidak hanya mencoreng reputasi Jerman sebagai salah satu tim besar. Rekor mentereng mereka di ajang kualifikasi Piala Dunia juga harus terhenti.

Hasil laga kontra Makedonia Utara merupakan kekalahan pertama Jerman sepanjang 20 tahun terakhir terjun di ajang ini. Kekalahan terakhir mereka di babak kualifikasi Piala Dunia memang terjadi pada tahunn 2001 saat takluk 1-5 dari Inggris.

Sejak kalah memalukan dari Inggris tersebut. Jerman telah melakoni 35 pertandingan di ajang kualifikasi Piala Dunia. Hasilnya, Nationalmannschaft membukukan 30 kemenangan dan lima hasil imbang.

Wajar jika hasil ini disambut dengan suka cita oleh Makedonia Utara. Kemenangan atas Jerman tentu sangat bersejarah.

"Para pemain ini telah membuat Makedonia Utara bangga melawan pemenang empat gelar Piala Dunia dan tiga Piala Eropa. Kami tidak pernah mengalahkan tim dengan begitu banyak gelar," kata pelatih Makedonia Utara Igor Angelovski.