BolaSkor.com - Asosiasi anggota yang tim nasionalnya berada di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua mengadakan pertemuan secara virtual, Rabu (17/2) sore WIB. Pertemuan ini digelar untuk menyepakati sisa kualifikasi.

Dua laga semula dijadwalkan digelar pada Maret 2021, masing-masing pada tanggal 25 dan 30. Adapun dua laga lain dijadwalkan 7 dan 15 Juni.

Sesuai yang ditulis Federasi Sepak Bola Uni Emirat Arab (UAEFA), laga kualifikasi khususnya pada Maret ditunda dan akan diselenggarakan pada Juni 2021.

"AFC memutuskan menunda pertandingan Grup G atau 7 kualifikasi bersama Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 ke Juni, dengan sistem terpusat setelah sebelumnya dijadwalkan Maret, karena kondisi yang belum stabil," tulis UAEFA, Rabu (17/2).

Baca Juga:

80 Persen Minta Tunda Laga Kualifikasi Piala Dunia, AFC Bersuara

Bert van Marwijk Belum Pikirkan Timnas Indonesia

AFC

Tampak dalam pertemuan itu Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Selain itu Sekjen Federasi Vietnam, Thailand, UEA, Malaysia, termasuk asisten Sekjen AFC urusan kompetisi.

"Keputusan ini setelah PSSI dan negara-negara lain berdiskusi dan mendengarkan argumentasi dari AFC melalui virtual meeting. Ini tentu semua terkait dengan pandemi COVID-19 yang belum mereda dan beberapa negara tentu akan kesulitan masuk ke negara lain terkait protokol kesehatan setiap negara,’’ ujar Yunus Nusi seperti dikutip dari laman PSSI.

UAEFA berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah sisa kualifikasi yang akan digelar terpusat. Untuk menjadi tuan rumah, federasi harus memenuhi kondisi dan persyaratan seperti tempat pelatihan, hotel, stadion, transportasi hingga protokol kesehatan.

"Bahwa tanggal terakhir permohonan tuan rumah 5 Maret dan pengumuman tanggal 15 di bulan yang sama," sambung UAEFA.

UAEFA juga memaparkan usulan tanggal pelaksanaan pertandingan. Sisa kualifikasi akan digelar mulai 3 Juni dan berakhir 15 Juni. AFC dan FIFA sebelumnya telah menetapkan bahwa kualifikasi putaran kedua harus selesai 15 Juni.

Usulan jadwal:

3 Juni 2021: Thailand Vs Indonesia, UEA Vs Malaysia

7 Juni 2021: Vietnam Vs Indonesia, UEA Vs Thailand

11 Juni 2021: Indonesia Vs UEA, Malaysia Vs Vietnam

15 Juni 2021: Thailand Vs Malaysia, UEA Vs Vietnam

Rancangan jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. (VFF)