BolaSkor.com - Sejak hijrah ke Bundesliga, pamor Jadon Sancho semakin melesat. Tidak hanya itu, performa pemain yang baru berusia 18 tahun itu semakin kinclong dan membuatnya mendapatkan sorotan.

Kini, tidak sedikit pemain muda yang berpikir atau disarankan untuk mengikuti jejak Sancho, berpetualang menyeberangi lautan ke Bundesliga. Nama terakhir yang muncul adalah Callum Hudson-Odoi. Talenta muda Chelsea ini dikabarkan sedang diincar oleh Bayern Munchen.

Tidak dimungkiri, Inggris saat ini sedang kebanjiran pemain-pemain muda penuh talenta. Sayang, mereka kalah bersaing dengan pemain belian klub.

Baca Juga:

Pemain Muda Inggris Disarankan Ikuti Jadon Sancho

Performa Hebat Sancho-Nelson di Bundesliga Jadi Pengingat untuk Klub-klub Premier League

Jadon Sancho

Saat ini, menyaksikan laga kompetisi Premier League U-23, sudah seperti menonton duel selayaknya liga profesional. Secara kualitas bahkan bisa bersaing dengan kompetisi senior di dunia.

Seorang pemandu bakat Fulham, mengungkap dirinya nyaris tidak percaya melihat talenta yang tersaji di kompetisi U-23. Dia mencontohkan, Matt O'Riley, pemain U-23 Fulham.

"Luar biasa. Fulham menghabiskan banyak uang awal musim untuk dua pemain tengah. Namun mereka tidak mau mengeluarkan uang untuk pemain muda ini," ujar sang pemandu bakat dikutip Independent.

Banyaknya pemain muda yang punya potensi besar di Inggris justru membuat klub lain di luar Inggris mulai melemparkan jaring mereka. Kebanyakan klub luar Inggris yang gencar memantau pemain muda itu dtang dari Jerman.

Melejitnya Jadon Sancho hanyalah satu dari beberapa pemain yang bakal hijrah ke Bundesliga. Tak sedikit yang menyebut, ini akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan.

"Sancho sukses di Jerman dan banyak pemain yang ingin ikuti jejaknya. Apa yang dilakukannya, menembus timnas Inggris di usia sangat muda akan memengaruhi banyak pemain muda," ujar Dominic Solanke, penyerang muda yang baru digaet Bournemouth dari Liverpool kepada The Guardian.

Saat ini, laga-laga Premier League U-23 nyaris selalu dihadiri banyak pemandu bakat internasional. Bahkan muncul gurauan yang mengatakan, hanya di Piala Dunia bisa mengalahkan banyaknya pemandu bakat di laga U-23 Premier League.

Seorang agen dari salah satu pemain muda Inggris kepada Independent mengungkap, dirinya sudah didekati paling tidak 12 klub Bundesliga yang menanyakan kemungkinan kliennya bergabung.

Gerard Pique
Gerard Pique direkrut Man United saat belia.

Jika melihat ke belakang, situasi ini bisa dikatakan 180 derajat dari yang dilakukan klub-klub Inggris. Contohnya, dulu klub Inggris yang memburu pemain muda yang bisa diasah, sebut saja Cesc Fabregas, Gerard Pique, atau Paul Pogba.

Banyak pemain muda berbakat di Inggris memang tidak lepas dari meningkatnya pembinaan usia dini dalam satu dekade terakhir, yang ironisnya ditiru Inggris dari Jerman dan Spanyol.

Lalu mengapa Jerman melirik pemain muda Inggris? Banyak alasannya. Namun, minimnya kesempatan bermain para pemain muda di tim senior menjadi salah satu alasan kuat. Dan tentu saja keberhasilan Sancho bersama Dortmund juga menjadi pemicu.

Selain itu, tradisi permainan Inggris yang mengandalkan kecepatan juga menjadi alasan. Mengapa bisa? Di era sepak bola modern seperti saat ini, pemain dengan skill dan kecepatan sangat dibutuhkan.