Kumpulan Fakta Menarik yang Iringi Kemenangan Inggris atas Ukraina

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 04 Juli 2021
Kumpulan Fakta Menarik yang Iringi Kemenangan Inggris atas Ukraina
Timnas Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris tampil nyaris sempurna saat mengalahkan Ukraina pada perempat final Piala Eropa 2020. The Three Lions menutup laga dengan kemenangan 4-0.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Olimpico, Minggu (4/7) dini hari WIB, Inggris memang tampil dominan. Sementara Ukraina kesulitan mengembangkan permainannya.

Inggris bahkan sudah mampu memecah kebuntuan saat laga baru berjalan empat menit. Harry Kane memecah kebuntuan memanfaatkan umpan matang Raheem Sterling.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Ukraina 0-4 Inggris: Tiga Singa Tak Terbendung

Piala Eropa 2020 - Rep Ceko 1-2 Denmark: Semifinal Pertama Sejak 1992

Piala Eropa 2020: Italia Singkirkan Belgia, Del Piero Sindir Vieira

Ukraina memang mampu menjaga gawangnya agar tak kebobolan lagi hingga babak pertama berakhir. Namun perlawanan tim asuhan Andriy Shevchenko tersebut tampaknya berhenti sampai di sana.

Begitu babak kedua dimulai, Inggris kembali tancap gas. Tiga gol tambahan mampu mereka bukukan dengan jarak yang berdekatan melalui sumbangan gol Harry Maguire, Kane, dan Jordan Henderson yang semuanya melalui sundulan.

Hal ini membuktikan Inggris sangat kuat dalam bola-bola udara. Tim asuhan Gareth Southgate itu juga memanfaatkan skema bola mati dengan maksimal dengan menghasilkan dua gol dari situasi tersebut.

Selain tajam, Inggris juga memiliki lini pertahanan yang kokoh. Kesucian Gawang Jordan Pickford kembali mampu dijaga.

Kemenangan ini mengantar Inggris ke semifinal. Denmark akan menjadi lawan mereka di fase empat besar.

Sederet fakta menarik turut mengiringi kemenangan Inggris atas Ukraina. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Inggris selalu menorehkan clean sheet dalam tujuh laga terakhirnya secara beruntun. Itu merupakan rekor baru dalam sejarah The Three Lions.

2. Inggris juga menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala Eropa 2020.

3. Gol pertama Harry Kane merupakan kali keenam Inggris mampu membobol gawang lawan dalam waktu dibawah empat menit sepanjang sejarah Piala Eropa. Bedanya, lima pertandingan sebelumnya berujung dengan kekalahan.

4. Gareth Southgate akan menjadi pelatih kedua yang membawa Inggris tampil di semifinal Piala Dunia dan Piala Eropa. Sebelumnya, hal itu hanya mampu dilakukan oleh Alf Ramsey pada 1966 dan 1968.

5. Southgate juga menjadi orang pertama yang mampu membawa Inggris ke semifinal Piala Eropa sebagai pemain (1996) dan pelatih.

6. Inggris untuk kali kedua mampu mencetak empat gol di fase gugur turnamen besar. Satu pertandingan lainnya adalah final Piala Dunia 1966 saat mengalahkan Jerman 4-2.

7. Gol ke gawang Ukraina merupakan yang pertama dicetak Jordan Henderson dengan seragam Timnas Inggris. Ia kini memegang rekor sebagai pemain yang membutuhkan waktu terlama untuk mencetak gol bagi Inggris dengan jumlah 62 pertandingan melewati catatan Sol Campbell dengan 47 laga.

8. Inggris menjadi tim pertama sepanjang sejarah Piala Eropa yang mampu mencetak tiga gol sundulan dalam satu pertandingan.

9. Inggris total telah mencetak sembilan gol sundulan di turnamen besar sejak Piala Dunia 2018. Tidak ada tim lain yang mampu mencetak lebih dari empat gol sundulan dalam periode tersebut.

10. Harry Kane kini telah mencetak sembilan gol di turnamen besar bersama Inggris. Jumlah tersebut sama dengan yang dikumpulkan Alan Shearer dan hanya tertinggal satu gol dari Gary Lineker.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Timnas Inggris Timnas ukraina Piala eropa Piala Eropa 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan