Kunci Nadeo Halau Tendangan Penalti Singapura

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 27 Desember 2021
Kunci Nadeo Halau Tendangan Penalti Singapura
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Arga Winata. (PSSI)

BolaSkor.com - Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, merasa bersyukur membawa Skuat Garuda melaju ke final Piala AFF 2020. Apalagi kiper Bali United itu mendapat gelar man of the match setelah mengagalkan penalti penyerang Singapura Faris Ramli pada menit ke-90.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020. Kepastian ini didapat usai mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu, pada laga semifinal kedua di Stadion Nasional, Sabtu (25/12) malam WIB.

Empat gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), bunuh diri Shawal Anuar (91'), dan Egy Maulana Vikri (107'). Sedangkan gol Singapura berasal dari Song Ui-young (47') dan Shahdan Sulaiman (74').

Dalam laga tersebut Singapura harus bermain dengan 8 orang setelah tiga pemainnya mendapat kartu merah. Dua pemain mendapat kartu kuning kedua, yaitu Safuwan Baharudin (45') dan Irfan Fandi (67') serta kiper Hassan Sunny yang mendapat kartu merah langsung karena melanggar Irfan Jaya di menit 118.

Baca Juga:

Jadwal Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Vs Thailand

Kalimat Asnawi yang Membakar Semangat Pemain Timnas saat Kalahkan Singapura

Sebetulnya, Singapura hampir mengakhiri pertandingan pada menit ke-90. Beruntung, bola sepakan penalti Faris Ramli ditepis Nadeo. Penalti ini terjadi usai Pratama Arhan melanggar Ikhsan Fandi.

"Ya sebelumnya bersyukur juga buat hasil semalam, kita bisa lolos ke final AFF 2020 ini. Kita tahu pertandingan semalam Singapura bermain dengan 8 sampai 9 orang masih bisa menyerang Timnas Indonesia. Tetapi kita mampu berjuang sampai akhir, meski ada drama di akhir babak kedua," kata Nadeo.

"Alhamdullilah saya bisa mengamankan tendangan penalti berkat temen-teman juga, saya bisa belajar penendang dari Singapura. Indonesia bisa masuk final juga kebanggaan buat saya dan teman-teman. Saya meminta suporter mendukung Timnas di final nanti agar kita bisa juara."

"Semalam sebelum pertandingan belajar cara penendang Singapura, feeling juga, bisa dikatakan beruntung, kadang sepak bola butuh keberuntungan. Kunci semalam (saat lawan Singapura,Red) kita bermain kompak, menyerang kompak. Banyak yang dievaluasi, tapi kunci kita kekompakan," tambah kiper berusia 24 tahun tersebut.

Bagi Timnas Indonesia, ini merupakan final keenamnya. Sebelumnya, Skuat Garuda melaju ke final pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Timnas Indonesia bakal menantang Thailand di final. Laga final Piala AFF 2020 digelar dua kali di Stadion Nasional pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Namun, tetap tidak ada regulasi keuntungan gol tandang, karena digelar terpusat di Singapura akibat pandemi COVID-19.

Timnas Indonesia Timnas Singapura Nadeo Argawinata Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.238

Bagikan