Kunci PSM Makassar Bertengger di Papan Atas Setelah Nyaris Degradasi Musim Lalu

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 14 Agustus 2022
Kunci PSM Makassar Bertengger di Papan Atas Setelah Nyaris Degradasi Musim Lalu
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSM Makassar tampil mengesankan di awal musim ini. Tim dengan julukan Juku Eja tersebut belum tersentuh kekalahan di tiga pertandingan Liga 1 2022/2023.

Rangkaian hasil positif PSM diawali di markas PSS Sleman. Wiljan Pluim dkk. berhasil mengalahkan PSS di hadapan para suporternya dengan skor 2-1.

PSM kemudian membungkam juara bertahan Bali United (2-0) di Gelora BJ Habibie, Parepare. Catatan kemenangan beruntun baru terhenti di laga ketiga ketika mereka ditahan imbang Persija Jakarta, 1-1.

PSM tidak hanya tampil bagus di Liga 1. Tim kebanggaan warga Makassar dan Sulawesi Selatan tersebut menorehkan prestasi apik di kompetisi antarklub Asia setelah lolos ke babak final Piala AFC 2022 Zona ASEAN usai mengalahkan tim Malaysia, Kedah FA, 2-1.

Di laga puncak, Pasukan Ramang bakal kembali bertemu Kuala Lumpur FC, Selasa (23/8). Kedua tim sempat bertemu di fase grup dan saat itu hasilnya adalah 0-0.

Banyak yang menilai keberhasilan PSM sejauh ini berkat 'tangan dingin' sang juru taktik anyar, Bernardo Tavares. Pria asal Portugal tersebut dianggap membawa perubahan positif di dalam timnya. Sebab, di Liga 1 musim lalu, PSM nyaris terdegradasi ke Liga 2 dengan menempati posisi 14 atau lima terbawah.

Baca Juga:

Persija Gelar Festival Sepak Bola, Manajemen Apresiasi Dukungan Sponsor

Mundur dari Persik, Javier Roca Jadi ‘Korban Keganasan’ Liga 1 Setelah Robert Alberts

Kalahkan PSIS, Beban Persib Bandung Berkurang

Namun, Tavares menolak kalau dirinya dianggap sebagai orang yang paling berjasa dengan perubahan yang terjadi di PSM. Menurutnya, PSM bisa mendapatkan hasil bagus karena chemistry antarpemain terjalin dengan baik serta dukungan penuh para suporter.

"Saya kira hubungan antara pemain dan suporter itu penting. Ini yang selalu kami bicarakan. Hubungan antara pemain-pemain yang akan bermain, 11 pemain. Lalu pemain yang menempati bench dan yang tidak terpilih di pertandingan, mereka harus saling mendukung satu sama lain," kata Tavares.

Ujian konsistensi PSM kali ini akan mendapatkan ujian dari RANS Nusantara FC. Tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut sedang mencari kemenangan perdana musim ini.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (15/8) malam WIB. Tavares menyebut laga kontra RANS Nusantara FC tidak akan mudah untuk timnya.

"Kami sudah melakukan analisa. RANS Nusantara tim bagus. Mereka punya pemain asing dan lokal bagus. Bahkan di Piala Presiden mereka sempat mengalahkan Persija 5-1," tutur Tavares.

Psm makassar Piala AFC Liga 1 Bernardo Tavares Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan