BolaSkor.com - Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengenang betapa luar biasanya membela Timnas Indonesia, khususnya dalam ajang Piala Tiger atau Piala AFF. Apalagi, pemain yang akrab disapa si Kurus itu menjadi top skorer sepanjang masa Timnas Indonesia di ajang Piala AFF hingga saat ini.

Kurniawan membela Timnas Indonesia pada ajang Piala Tiger dari tahun 1996-2004. Pada tahun 1996, eks pelatih Sabah FC itu mengukir empat gol.

Dua tahun berselang, Kurus hanya mampu menyarangkan sebiji gol. Tiga gol kurus kemudian lahir pada Piala AFF 2000. Lalu, ia mencetak lima gol pada Piala Tiger 2004. Total 13 gol diciptakan Kurniawan.

Baca Juga:

3 Top Skorer Teratas Timnas Indonesia di Piala AFF

6 Top Skorer Teratas Sepanjang Masa Piala AFF, Ada Legenda Timnas Indonesia

"Untuk saya pribadi dari mulai di Diklat Salatiga, saya selalu termotivasi untuk memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Impian bagi setiap pemain adalah ingin jadi pemain Timnas," ujar Kurniawan kepada BolaSkor.com.

"Saat diberikan kesempatan itu, kita harus berikan 1000 persen yang kita punya. Saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pertandingan kami sampai menangis, karena berbaju Timnas itu sangat sakral bagi saya," tambahnya.

Tak hanya jadi pemain, Kurniawan pernah mendampingi Timnas Indonesia sebagai assiten pelatih saat Piala AFF 2018. Sayang, Kurniawan yang membantu Bima Sakti sebagai pelatih kepala tidak dapat membawa Skuat Garuda lolos dari babak penyisihan grup. Kalah bersaing dengan Thailand dan Filipina.