BolaSkor.com - Bek kanan Manchester City, Kyle Walker, menjadi perhatian publik dalam pertandingan lanjutan grup Liga Champions 2019-20 di San Siro melawan Atalanta, Kamis (07/11) dini hari WIB. Walker menjadi kiper dadakan di laga tersebut.

Pertandingan berakhir imbang 1-1 dari gol Raheem Sterling yang dibalas Mario Pasalic. Drama sesungguhnya terjadi ketika Pep Guardiola, manajer Man City, dihadapkan pada pilihan sulit di posisi penjaga gawang.

Berawal dari cederanya Ederson Moraes hingga ia digantikan dengan Claudio Bravo di awal babak kedua. Kemudian pada menit 81, Bravo melakukan pelanggaran kepada Josip Ilicic di luar kotak penalti dan menerima kartu merah.

Baca Juga:

Manchester City Turunkan Tiga Kiper Berbeda Kontra Atalanta

Hasil Pertandingan Liga Champions: Real Madrid Pesta Gol, Manchester City Gagal Menang

Bahagia di Manchester City, Pep Guardiola Ragu ke Italia

Kyle Walker

Usai melakukan pertimbangan dengan Xavi Mancisidor, Pelatih Kiper City, Guardiola menunjuk Walker jadi kiper dadakan dan ia melakukan satu penyelamatan dari tendangan bebas yang diambil Hans Hateboer. Apa yang dilakukan Walker menjadi sorotan publik.

Tapi, itu bukan kali pertama pemain non-kiper (outfielder) menjadi kiper dalam sebuah pertandingan. Delapan pemain di bawah ini juga pernah melakukannya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut pemain-pemain tersebut:

1. Rio Ferdinand

Rio Ferdinand

Tangguh ketika bertahan, Rio Ferdinand juga dapat diandalkan dalam situasi mendesak di posisi kiper. Ferdinand pernah menjadi dadakan Manchester United kala melawan Portsmouth di Piala FA 2008.

Sir Alex Ferguson sudah tidak dapat lagi memasukkan pemain pengganti dan Tomasz Kuszczak menerima kartu merah. Sayang bagi United, mereka kalah 0-1 di pertandingan itu via gol penalti yang dicetak Sulley Muntari.

2. Phil Jagielka

Phil Jagielka

Dalam kasus ini ada pembelajaran tersendiri: jangan lupa apalagi tidak memasukkan kiper kedua dalam daftar susunan pemain. Neil Warnock, manajer Sheffield kala itu, merasakan langsung konsekuensi dari keputusannya itu saat melawan Arsenal pada 2006 di Premier League.

Paddy Kenny, kiper Sheffield cedera, dan selama 30 menit, Phil Jagielka, yang notabene bek tengah, menjadi kiper. Beruntung gawang yang dijaganya tidak kebobolan gol dan Sheffield menang 1-0.

3. Jan Koller

Jan Koller

Biasanya pemain dengan posisi bek yang kerap dijadikan kiper dadakan karena naluri bertahan mereka, plus keberanian menghadapi datangnya bola. Namun pada 2002 di Der Klassiker situasi sebaliknya terjadi: Jan Koller jadi kiper.

Striker bertubuh jangkung jadi kiper dadakan setelah Jens Lehmann menerima kartu merah di menit 66, plus pergantian Borussia Dortmund telah habis. Koller tampil fantastis sebagai kiper.

Dengan tubuh jangkung dan kepalanya yang plontos, Koller sangat layak jadi kiper dari segi penampilan. Sayang, Dortmund kalah 1-2 dari Bayern Munchen di pertandingan tersebut.