Laga FIFA Matchday Lawan Bangladesh Jadi Persiapan Timnas Indonesia U-23

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 13 Januari 2022
Laga FIFA Matchday Lawan Bangladesh Jadi Persiapan Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23. (PSSI)

BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikabarkan bakal menjadikan FIFA Matchday bulan Januari 2022 sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-23 yang akan digelar di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Karena itu, tim yang diturunkan Shin Tae-yong di FIFA Matchday besar kemungkinan adalah Timnas Indonesia U-23.

Sejauh ini, Bangladesh menjadi calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday bulan Januari. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, pada 24 dan 27 Januari mendatang.

"Pertandingan itu menjadi bagian dari program pelatih Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, seperti dikutip dari Antara.

Namun, apabila Bangladesh batal menjadi lawan Timnas Indonesia karena terbentur aturan COVID-19, PSSI sudah menyiapkan tiga tim alternatif, yaitu Timor Leste, Maladewa, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga:

Laga Timnas Indonesia Vs Bangladesh Terkendala Prokes

Syahrian Abimanyu Menjadi Rekrutan Terakhir Persija

Bangladesh keberatan soal syarat karantina yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia. Di mana, setiap orang yang datang dari luar negeri harus di karantina selama 7-10 hari, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pendatang dari negara-negara, termasuk Bangladesh, wajib menjalani karantina selama tujuh hari.

"Kalau harus menjalani karantina selama tujuh hari, Bangladesh menolak karena mereka akan datang pada 20 Januari 2022," ujar Yunus Nusi.

Selain karantina, masalah lainnya adalah vaksinasi. Banyak pemain Bangladesh yang belum lengkap divaksin sampai tahap kedua.

"Di skuat timnas Bangladesh, ada 10 pemain yang baru mendapatkan vaksin tahap pertama," ungkap Yunus Nusi.

Untuk itu, PSSI akan berkomunikasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk meminta keringanan. Di mana nantinya laga Timnas Indonesia kontra Bangladesh akan menggunakan sistem gelembung, yakni hanya boleh di aktifitas di hotel, tempat latihan, dan stadion pertandingan. Lalu adanya tes PCR.

"Jadi, kami masih tetap menunggu seperti apa hasil komunikasi dengan pemerintah," tambah Yunus Nusi.

Piala AFF U-23 Pssi Bangladesh Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Yunus Nusi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan