Lagi, Konsistensi VAR di Piala Dunia 2018 Dipertanyakan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 27 Juni 2018
Lagi, Konsistensi VAR di Piala Dunia 2018 Dipertanyakan
Insiden yang diprotes kubu Nigeria (Twitter)

BolaSkor.com - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) secara umum sudah berjalan baik. Namun, di sisi lain VAR acap mengapungkan kontroversi, khususnya dalam hal konsistensi.

Terakhir, kubu Nigeria komplain mereka sudah dirugikan oleh VAR. Nigeria mengeluh karena tidak diberikan penalti kedua laga kontra Argentina yang berakhir kekalahan 1-2 bagi wakil Afrika itu.

Insiden yang dimaksud Nigeria adalah yang terjadi sekitar 15 menit akhir. Saat itu Nigeria sedang melancarkan tekanan kuat ke pertahanan Argentina.

Dalam sebuah serangan Nigeria, Marcos Rojo menjadi satu-satunya bek Argentina di kotak penalti. Di bawah tekanan dari striker Odion Ighalo, Rojo melompat untuk memotong umpan silang Musa Musa. Rojo gagal menanduk, bola justru menimpa tangan kirinya.

Pemain Nigeria yakin itu penalti, namun wasit Turki Cuneyt Cakir memilih menggunakan video dan tetap dengan keputusan awalnya untuk tidak memberikan tendangan penalti.

"Saya tidak mengerti bagaimana itu bukan penalti," kata kapten John Obi Mikel seperti dikutip AP. "Itu jelas handball. Jika Anda melihat pertandingan kemarin melawan Portugal, ini bahkan lebih buruk."

Ya, Mikel mempertanyakan keputusan wasit yang meski mendapat bantuan VAR justru mengeluarkan keputusan berbeda dengan kasus serupa sebelumnya. Mikel mengacu pada penalti Iran melawan Portugal. Wasit memberikan penalti untuk handball setelah tinjauan video.

Nigeria makin kesal karena Rojo yang dinyatakan tak melakukan handball menjadi pahlawan setelah mencetak gol kemenangan Argentina yang sekaligus menyingkirkan Nigeria.

"Bagi kami, setelah melihat replay, itu jelas handball. Wasit melihat VAR, bola itu mengenai tangan," kata Mikel. "Saya meminta penjelasannya, apakah bola mengenai tangannya? Dia berkata 'Ya'. Mengapa itu bukan penalti? Dia tidak tahu."

Melihat tayangan ulang video, bola memang mengenai tangan Rojo. Namun terlihat pula tidak ada niat dari Rojo untuk menggerakkan lengannya ke arah bola karena dia melihat ke arah yang berbeda. Namu, ini tentu tergantung dari penilaian wasit. Dalam situasi lain, ada wasit yang menyatakan itu sebagai handball.

Sementara pelatih Nigeria, Gernot Rohr juga percaya penalti seharusnya diberikan. Namun sang pelatih lebih memahami posisi Cakir.

"Saya percaya bola mengenai tangan. Saya tidak melihat videonya. Sulit bagi seorang wasit untuk membuat penafsiran yang baik," ujarnya.

Piala Dunia 2018 VAR
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan