Lakoni Laga Penentu, Gareth Southgate Bicara Peluang Tampilnya Phil Foden

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 28 November 2022
Lakoni Laga Penentu, Gareth Southgate Bicara Peluang Tampilnya Phil Foden
Phil Foden (Twitter)

BolaSkor.com - Phil Foden berpeluang tampil saat Timnas Inggris berhadapan dengan Wales pada laga terakhir grup B Piala Dunia 2022. Hal itu diisyaratkan langsung oleh sang pelatih, Gareth Southgate.

Laga penentuan ini akan berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Rabu (30/11), pukul 02.00 dini hari WIB. Inggris butuh kemenangan untuk lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

Southgate sendiri sempat dikritik usai Inggris bermain imbang 0-0 kontra Amerika Serikat. Ia dianggap membuat kesalahan dengan tidak memberi Foden kesempatan bermain.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Grup A-B Piala Dunia 2022: Langkah Inggris Tersendat

Jadi Man of the Match Kontra Amerika, Harry Maguire: Pengkritik Hanya Cari Perhatian

Piala Dunia 2022: Timnas Amerika Serikat Dapat Respek dari Harry Kane

Tak heran, keputusan tampil tidaknya Foden kontra Wales menjadi polemik. Southgate pun meresponsnya dengan jawaban diplomatis.

"Kami mencintai Phil (Foden), dia adalah pemain super. Dia bermain di pertandingan pertama, lalu kami memutuskan untuk tidak menurunkannya di pertandingan kedua," kata Southgate pada sesi jumpa pers jelang laga.

"Namun, dia akan memainkan peran penting dalam turnamen ini bagi kami, tidak ada pertanyaan tentang itu."

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate

Foden memang hanya tampil sebagai pengganti saat Inggris melakoni laga perdana kontra Iran. Sementara Southgate hanya menggunakan opsi tiga pergantian pemain pada laga melawan Amerika Serikat.

Padahal dalam pertandingan tersebut, sistem permainan Inggris tidak berjalan baik. Masuknya Foden diyakini banyak pihak akan membuat hasil laga akan berbeda.

Namun, lawan Wales, Southgate tampaknya akan melakukan sejumlah perubahan. Bukan tidak mungkin Foden tampil sebagai starter.

"Kami berniat untuk berada di sini selama mungkin. Foden bisa bermain di kedua sayap, sebagai false nine, dan di belakang striker meski tidak sering melakukan itu untuk klubnya," tambahnya.

"Selalu ada keseimbangan dalam menemukan waktu bermain bagi para pemain. Namun prioritasnya adalah memenangi pertandingan."

Phil Foden Gareth southgate Timnas Inggris Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan