BolaSkor.com - LaLiga kembali mengambil keputusan yang berpihak kepada klub dan pemain. Kompetisi nomor wahid di Spanyol itu memilih menunda sejumlah laga demi memberikan kesempatan kepada pemain dari Amerika Selatan untuk beristirahat setelah kembali dari tim nasional masing-masing.

LaLiga menunda dua laga jornada kesembilan yakni Real Madrid kontra Athletic Bilbao dan Granada melawan Atletico Madrid. Sebelumnya, pertandingan itu akan dihelat pada Minggu (17/10) WIB.

Keputusan tersebut bukan tanpa sebab. Dewan Olahraga Nasional memberikan kelonggaran karena para pemain dari klub tersebut yang berasal dari Amerika Selatan akan sulit tampil.

Mereka baru saja membela tim nasional masing-masing pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL pada Jumat (15/10) pagi WIB. Dengan begitu, waktu perjalanan dan istirahat tidak akan cukup.

Baca Juga:

Mike Maignan Cedera, AC Milan Rekrut Kiper Pengangguran

Giroud Klaim Pernah Dipepet Tottenham, Inter, dan Lazio

Jadwal Siaran Langsung: Dua Big Match Serie A Tayang di TV Nasional

"Permintaan penundaan ini sehubungan dengan keputusan FIFA yang memperpanjang jeda internasional di Amerika Selatan hingga Jumat (15/10) pagi. Apalagi, klub-klub yang bersangkutan harus melakoni laga Liga Champions pada Selasa (19/10)," tulis LaLiga dalam pernyataan resmi.

Sebelumnya, LaLiga juga melakukan hal serupa pada awal musim ini. Duel Sevila versus Barcelona dan Villarreal kontra Alaves pada pekan keempat harus diundur.

Meskipun keputusan tersebut mengundang kontroversi karena federasi sepak bola Spanyol sempat protes, tetapi tak sedikit yang mendukungnya. Sebab, jadwal dianggap sudah terlalu padat dan pada akhirnya merugikan pemain.

Pandangan serupa tidak terjadi di liga-liga elite Eropa lainnya. Contohnya adalah Premier League, Serie A, dan Ligue 1. Semua pertandingan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Dari Prancis, Paris Saint-Germain menjadi satu di antara tim yang merasakan dampaknya. PSG tidak bisa menurunkan sejumlah pemain tim nasional asal Amerika Selata seperti Lionel Messi, Neymar, dan Angel Di Maria. Pemain-pemain itu baru saja beraksi pada jumat (15/10) pagi WIB. Sementara itu, PSG sudah harus bersua Angers pada Sabtu (16/10) dini hari WIB.

Pada sisi lain, dari Italia, Inter Milan menjadi satu di antara tim yang dirugikan. Inter dipastikan tidak bisa menurunkan Alexis Sanchez dan Arturo Vidal pada saat menghadapi Lazio, Sabtu (16/10), yang baru saja membela timnas Chile. Sementara itu, kondisi Lautaro Martinez masih jadi tanda tanya.

Tak heran, Simone Inzaghi iri dengan apa yang didapatkan tim-tim LaLiga. "Di LaLiga, mereka sudah melakukannya dengan baik dengan menunda laga. Namun, itu adalah masalah yang harus ditangani sebelumnya," jelas Inzaghi seperti dilaporkan Football Italia.

Jadwal sepak bola belakangan ini memang menjadi sangat padat. Tak heran, beberapa pihak mulai bersuara dan mengeluhkan apa yang terjadi. Bahkan, beberapa di antaranya menuding FIFA dan UEFA hanya mencari keuntungan semata.