LaLiga Mengepakkan Sayap di Timur Tengah, Afrika Utara, dan India

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 07 September 2022
LaLiga Mengepakkan Sayap di Timur Tengah, Afrika Utara, dan India
Maite Ventura, LaLiga Managing Director for the Middle East and North Africa (LaLiga)

BolaSkor.com - LaLiga, kompetisi sepak bola papan atas Spanyol, dan Galaxy Racer (GXR), transmedia multinasional yang berbasis di Dubai, telah menandatangani Letter of Intent yang membuka jalan bagi pembentukan Joint Venture (JV) 15 tahun yang akan mengubah kehadiran merek liga di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, dan anak benua India.

GXR, didirikan pada tahun 2019 oleh Group CEO Paul Roy, adalah organisasi esports, game, dan gaya hidup terbesar di dunia, dan hadir di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Amerika Utara, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Eropa.

Usaha patungan ini memosisikan GXR sebagai mitra lokal LaLiga di pasar Timur Tengah dan Afrika Utara dan anak benua India, mencatatkan sejarah sebagai yang pertama bagi dunia hak olahraga di wilayah tersebut, dan diproyeksikan menghasilkan pendapatan lebih dari 3 miliar euro.

Setelah penandatanganan Letter of Intent, para pihak memasuki periode eksklusif untuk menyimpulkan rincian kontrak dan pembentukan kerja sama. Sebagaimana disepakati dalam Letter of Intent, LaLiga dan GXR masing-masing akan memegang 50 persen saham dalam kerja sama ini.

Usaha patungan ini akan menawarkan jalan dan peluang baru kepada LaLiga untuk meningkatkan kehadiran merek di seluruh wilayah target utama yang merupakan salah satu yang termuda di planet ini dengan lebih dari 1,3 miliar orang berusia di bawah 30 tahun.

Baca Juga:

7 Pemain yang Meraih Kesuksesan Usai Meninggalkan Real Madrid

Ancelotti: Melatih Kroos dan Modric adalah Hal Termudah di Karier Saya

5 Gelandang Brasil Sebelum Casemiro yang Direkrut Manchester United

Selain itu, usaha patungan ini akan bertindak sebagai lembaga hak media untuk hak siar dan media untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, dan anak benua India.

Kesepakatan ini memberikan LaLiga jalur inovatif untuk berbagi kekayaan intelektualnya melalui mitra lokal yang telah menawarkan jangkauan pasar yang cukup besar – GXR memiliki lebih dari 500 juta pengikut di seluruh dunia – dan platform untuk pertumbuhan yang memanfaatkan keahlian dalam enam fokus utama: lisensi, pembuatan konten, esports, influencer management, merchandising, dan musik.

Paul Roy, CEO & Pendiri Galaxy Racer mengatakan: "Merek LaLiga sangat kuat, tetapi potensinya masih belum dimanfaatkan di kalangan Milenial dan GenZ di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, dan anak benua India."

"Kesempatan kami adalah untuk terhubung dengan audiens yang lebih muda dengan cara yang sesuai dengan mereka. Galaxy Racer memiliki jangkauan pasar yang akan membantu membuka potensi itu dan mengangkat LaLiga menjadi merek yang aspiratif bagi audiens target di kawasan ini."

Direktur Eksekutif LaLiga, Oscar Mayo menambahkan: “Dengan pasar yang akan memasuki era pertumbuhan baru, ini adalah saat yang tepat untuk membawa bisnis kami di kawasan ini ke tingkat berikutnya dan menarik generasi berikutnya dari penggemar olahraga muda ke kompetisi kami.”

"Kemitraan bersejarah ini akan meningkatkan popularitas LaLiga dan sepak bola di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara dan anak benua India. Dengan pengalaman luas Galaxy Racer di kawasan ini sebagai salah satu transmedia terbesar di dunia, kami yakin mereka adalah mitra ideal untuk membantu kami menjangkau audiens baru yang segar dan membuka potensi sejati LaLiga di kawasan ini."

"Bermitra dengan Galaxy Racer adalah tonggak utama dalam strategi ekspansi internasional kami,” tambah Maite Ventura, direktur pelaksana LaLiga untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, "Perjanjian ini memastikan tidak hanya masa depan yang cerah untuk sepak bola di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara dan anak benua India, tetapi juga untuk LaLiga dan klub kami."

"Keberhasilan bagi kami adalah melihat lebih banyak anak-anak muda bermain dan menikmati sepak bola, kami ingin memasuki hati dan pikiran para milenial dan GenZ. Dengan keahlian Galaxy Racer, kami akan dapat benar-benar membangun loyalitas penggemar dan memposisikan LaLiga sebagai merek teratas untuk sepak bola dan gaya hidup."

Kesepakatan ini akan membantu LaLiga untuk membangun relasi bermakna dengan audiens yang lebih muda, melalui pembuatan konten dan fokus silang pada game dan esports, serta produk konsumen baru – dari pakaian hingga koleksi – dan berbagai aktivasi yang mengantarkan cara berpikir baru untuk dunia sepak bola dan olahraga.

Kekuatan utama dari perjanjian tersebut adalah pembuatan studio produksi untuk kerja sama ini. Studio ini akan memanfaatkan pengalaman luas Galaxy Racer dalam perizinan, pengembangan produk dan pembuatan konten, produksi dan penyiaran di wilayah yang dipandang sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan tercepat dalam bisnis olahraga berkat jalur investasi utama di berbagai bidang seperti golf, tinju, F1, dan pacuan kuda dalam beberapa tahun terakhir, serta Piala Dunia FIFA Qatar 2022 yang akan berlangsung pada akhir tahun ini.

Berbasis di UEA, usaha patungan ini akan menampilkan tim yang terdiri dari sekitar 20 orang yang berdedikasi untuk mengembangkan merek dan mengamankan peluang bisnis baru, dengan lima orang dewan direksi termasuk Chief Executive Officer (CEO) Maite Ventura. Luis Cardenas, Direktur Komersial LaLiga di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, akan menjadi Chief Commercial Officer (CCO).

Usaha patungan ini akan bekerja dalam koordinasi dengan delegasi LaLiga yang berbasis di Maroko, Mesir, Qatar, Arab Saudi, Turki, Israel, India, dan UEA, komponen kunci untuk pertumbuhan regional.

Beberapa kolaborasi LaLiga dan Galaxy Racer sudah dalam pengerjaan termasuk serial dokumenter, turnamen, merchandise, acara fisik, dan aktivasi.

GXR juga akan mengkurasi aktivitas kreator untuk menampilkan merek LaLiga sepanjang tahun dan akan meluncurkan daftar kreator yang berfokus pada LaLiga. Seperti duta sepak bola LaLiga saat ini, kreator yang dipilih akan mewakili LaLiga secara eksklusif, berkeliling dunia untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan LaLiga kepada penggemar secara global.

Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan