BolaSkor.com - Representasi LaLiga di Indonesia, Rodrigo Gallego Abad, mengungkapkan proyek mulia kompetisi tersebut. Temrasuk di antaranya adalah sejumlah dana yang disisihkan untuk membantu sesama.

Kabar baik menghampiri LaLiga menjelang musim 2018-2019 berakhir. Kompetisi tersebut meraup keuntungan 20,6 persen lebih tinggi pada musim 2017-2018 dibandingkan musim sebelumnya.

Secara keseluruhan klub-klub yang berkompetisi di LaLiga menerima pendapat 4,479 miliar euro. Dari jumlah tersebut, laba bersih yang didapat adalah 189 juta euro.

Hak siar dan aktivitas jual beli pemain menjadi sumber pendapatan terbesar klub-klub LaLiga. Selain itu, sisi komersial seperti sponsor dan penjualan tiket juga memberikan keuntungan.

Baca Juga:

Perkembangan Ekonomi LaLiga Naik 20,6 Persen dari Musim Sebelumnya

Di Ambang Sejarah, Barcelona Bisa Permalukan Real Madrid

Di tengah kebahagiaan tersebut, rupanya LaLiga tidak melupakan sesama. Menurut Rodrigo, kompetisi tertinggi di Spanyol tersebut mendonasikan dua persen dari pendapatan untuk proyek sosial.

"LaLiga memiliki proyek bernama LaLiga Genuine. Di sini, LaLiga memberikan kesempatan untuk mengalokasikan dua persen omset per tahun untuk proyek sosial," terang Rodrigo di Txoko Restaurant, Jakarta, Selasa (14/5).

"Contohnya di Spanyol, kami memiliki kompetisi sepak bola untuk kaum disabilitas. Setiap klub yang berpartisipasi di LaLiga wajib berpartisipasi."

"Pada musim 2016-2017, total 65,2 juta euro disumbangkan LaLiga untuk proyek sosial. Selain di Spanyol, LaLiga juga menjalankan LaLiga Genuine di seluruh dunia," tambahnya.

Apa yang dilakukan LaLiga bisa menjadi contoh untuk kompetisi lain di seluruh dunia. Dengan demikian, sepak bola bukan lagi sekadar industri, tetapi juga wadah untuk membantu sesama.