Lampaui Kodrat, VAR Akan Jadi Bahasan Rapat Tahunan IFAB

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 31 Desember 2019
Lampaui Kodrat, VAR Akan Jadi Bahasan Rapat Tahunan IFAB
VAR di Premier League (premierleague.com)

BolaSkor.com - Lembaga yang mengatur peraturan sepak bola atau International Football Association Board (IFAB) memutuskan untuk membicarakan ulang VAR pada rapat tahunan yang digelar Februari 2020.

IFAB menilai penggunaan VAR, khususnya di Premier League, sudah tidak seperti rencana awal dimunculkannya sistem bantuan wasit tersebut.

Selain itu, IFAB juga meminta agar VAR tidak digunakan terlalu berlebihan saat memutuskan offside. Dalam laporannya, IFAB menyebut beberapa gol dianulir akibat offside yang hanya berjarak hitungan milimeter di ajang Serie A, Premier League, dan Liga Champions.

Baca Juga:

Topik Hangat yang Dibicarakan di Forum Pelatih Klub-klub Elite Eropa: Penerapan VAR

IFAB Bantu PSSI untuk Terus Matangkan VAR

5 Momen Bersejarah dalam Sepak Bola yang Tidak Akan Terjadi jika Ada VAR

Dijelaskan, yang menjadi masalah utama bukan keputusan offsidenya, melainkan waktu yang dihabiskan terlalu lama untuk mengambil keputusan. Padahal banyak yang menilai beberapa keputusan yang diambil tak signifikan. Penggunaan VAR yang berlebihan inilah yang acap membuat sistem ini kontroversial.

"Terkait VAR kami melihat sesuatu yang mesti diatur kembali," kata Sekjen IFAB, Lukas Brud kepada BBC.

"Jika harus menghabiskan beberapa menit untuk mengidentifikasi offside, hasilnya tidak akan tepat dan seharusnya kembali ke keputusan awal."

Menurut Lukas Brud, yang diperlukan dalam pertandingan sepak bola adalah keputusan yang jelas dan utuh di setiap situasi, ketika VAR digunakan wasit saat mengambil keputusan.

"Dalam teori, satu milimeter offside tetaplah offside. Namun jika ada pemain yang dinyatakan tidak offside namun VAR malah mengidentifikasinya, wasit harus mengambil keputusan awal," ujar dia.

Saat ini yang menjadi masalah adalah VAR digunakan terlalu detail. Menurut Brud VAR tidak dipakai untuk memperbaiki keputusan, tapi untuk membantu wasti menghadirkan hasil yang adil dan menghindari kesalahan.

"Kami akan berkomunikasi dengan seluruh kompetisi yang menggunakan VAR dan memberi perkembangan dalam beberapa pekan. Kami sedang mengobservasi beberapa perbaikan yang seharusnya dilakukan," kata Brud.

VAR Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan