BolaSkor.com - Tim Kickboxing Indonesia telah kembali ke tanah air, Minggu (15/5). Amanda La Loupatty dkk. mendarat di Indonesia pukul 07.05 melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Komite Eksekutif NOC Indonesia Puji Lestari dan Raden Isnanta, perwakilan Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut kedatangan kontingen dengan 12 orang.

Sebelumnya, Tim Kickboxing Indonesia meraih dua emas, satu perak, dan satu perunggu.

Dua medali emas disumbangkan Diandra Ariesta Pieter yang turun pada nomor Women’s Full Contact -56 kg dan Amanda La Loupatty yang berlaga pada nomor Women’s Low Kick -52 kg.

Sementara satu perak dipersembahkan Salmri Stendra Pattisamallo yang turun pada nomor Men’s Full Contact -51 kg, serta medali perunggu yang dipersembahkan oleh Nadya Nakhoir dari nomor Women’s Full Contact -48 kg.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Rindu Jadi Pegawai, Junita Malau Masih Tetap Berladang

Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Tempati Urutan Keempat

Tim Kickboxing mampu mencapai target, yakni memperbaiki prestasi di SEA Games sebelumnya. Manajer tim Kickboxing Rosi Nurasjati mengatakan bahwa evaluasi terhadap para atlet akan dilakukan secara merata.

"Tentunya kami bangga, karena PPKBI ini belum genap 4 tahun berdiri tapi para atlet sudah menunjukkan prestasi yang baik. Ketika kita mendapatkan 3 finalis, saya sudah merasa itu sudah melebih target yang diberikan kepada kami, tetapi ternyata motivasi para atlet sangat luar biasa” ujar Rosi dalam rilis.

Rosi mengatakan bahwa secara strategi permainan mereka memang sangat baik, namun dilihat dari sisi stamina para atlet butuh peningkatan yang lebih baik lagi. Fisik akan ditingkatkan karena penting dalam cabang olahraga prestasi selain teknik dan taktik.

"Tetapi yang luar biasa adalah penerapan strateginya dari para pelatih,” jelas Rosi lagi.

“Kedepan ini saya buat PR juga bahwa persiapan fisik itu tidak (bisa) kurang dari 100 hari, harus itu 100 hari untuk perbaikan fisik, sementara coach Eduard dan coach Taher hanya memiliki waktu 2 bulan,” tutupnya.

Kontingen Indonesia yang berkekuatan 499 orang ini berpartisipasi di 32 dari 40 cabang olahraga pada pelaksanaan SEA Games Vietnam 2021, dan didukung oleh official partner Wall’s dan Li-Ning. Hingga saat ini, Indonesia menempati peringkat ke-3 pada klasemen sementara perolehan medali.