Langkah Erick Thohir Usai Drawing Piala Dunia U-20 2023 Batal, Lapor Presiden Jokowi Cari Solusi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 26 Maret 2023
Langkah Erick Thohir Usai Drawing Piala Dunia U-20 2023 Batal, Lapor Presiden Jokowi Cari Solusi
Pangeran Siahaan mendampingi Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga menggelar konferensi pers terkait Piala Dunia U-20 2023 di GBK Arena, Jakarta, Minggu (26/3). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSSI telah mengonfirmasi bahwa FIFA membatalkan drawing atau undian babak grup Piala Dunia U-20 2023, yang sejatinya digelar di Bali pada 31 Maret mendatang.

Pembatalan ini terjadi karena isu hangat penolakan Israel sebagai tim peserta Piala Dunia U-20 2023. Di mana, Gubernur Bali I Wayan Koster menolak timnas Israel U-20 untuk datang. Dengan begitu, perwakilan Israel U-20 juga ditolak datang saat drawing di Bali

Kini, PSSI dan Pihak Lokal Piala Dunia U-20 2023 (LOC) masih menunggu kabar selanjutnya dari FIFA. Meski begitu, PSSI langsung mengambil langkah.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, segera bertemu Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi). Ini setelah berkoodinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, dan Panitia Nasional Piala Dunia U-20 2023 (INAFOC).

"Saat ini kami sedang pikirkan cara supaya Indonesia, khususnya sepak bola Indonesia di dunia tidak dikucilkan dalam sebuah ekosistem sepak bola internasional. Kita memang tahu ini sangat sulit dipisahkan politik dan bola. Walau kita mau olahraga adalah olahraga," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga di GBK Arena, Jakarta, Minggu (26/3).

Baca Juga:

Ada Wacana Israel U-20 Main di Negara Tetangga, PSSI Yakin Ditolak FIFA

FIFA Batalkan Drawing Grup Piala Dunia U-20 2023 di Bali

"Saat ini, Pak Erick Thohir sedang koordinasi dengan Kemenlu sebagai penanggung jawab diplomasi. Dan Kemenpora sebagai INAFOC penanggung jawan pelaksanaan Piala Dunia U-20. Demikian Pak Erick Thohir akan laporkan hal ini ke Presiden Jokowi soal proses-proses ini."

"Cari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia. Kami harap dan mohon kepada pencinta sepak bola Indonesia yang ingin sepak bola Indonesia mau maju, harap tenang. Kami coba cari solusi. Dan bisa bicara dengan FIFA dalam waktu dekat. Karena kekhawatiran kita akan dikucilkan dari ekosistem sepak bola dunia," tutup Arya Sinulingga.

Piala Dunia U-20 2023 sejatinya digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang di enam kota. Jakarta (Stadion Gelora Bung Karno), Palembang (Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring), Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Solo (Stadion Manahan), Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo), dan Bali (Stadion I Wayan Dipta).

24 peserta pun sudah dipastikan lolos dari babak kualifikasi, termasuk Israel. Hanya Indonesia yang berstatus tuan rumah lolos langsung.

Pssi Arya Sinulingga Piala dunia u-20 Breaking News Fifa Jokowi Joko widodo
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan