BolaSkor.com - Keputusan Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo sudah mengubah skenario finansial klub asal Kota Turin tersebut. Tidak cuma Ronaldo, perekrutan Matthijs de Ligt, Emre Can, Adrien Rabiot, dan Aaron Ramsey juga berdampak buruk pada situasi keuangan Juventus.

Kondisi ini desebut akan membawa Juventus berada di ambang risiko terkena sanksi Financial Fair Play (FFP) UEFA. Sebab, total pembayaran gaji pemain Juve memiliki rasio 71 persen dari total pendapatan.

Satu Setengah Musim di Juventus, Cristiano Ronaldo Sudah Jebol Seluruh Gawang Tim Serie A

Beda Serie A dan Premier League di Mata Aaron Ramsey

Kabar ini mencuat setelah laporan keuangan firma konsultan keuangan KPMG, bocor dan diterima oleh RMC Sport. KPMG membuat laporan keuangan untuk delapan klub yang juara di kompetisi utama Eropa. Namun dari delapan klub, hanya Juventus yang laporan keuangannya merah.

Menurut FFP, setiap klub harus menjaga total pembayaran gaji pemain di bawah 70 persen. Sedangkan Juve kini berada pada angka 71 persen.

Dari laporan tersebut diketahui biaya gaji Juventus naik menjadi 327,8 juta euro, yang menyebabkan kerugian mencapai 39,9 juta euro per 30 Juni 2019.

Juventus sebenarnya telah mengambil langkah pada Februari 2019 dengan mengeluarkan obligasi sebesar 175 juta euro. Langkah ini membuat modal mereka meningkat sebesar 300 juta euro.

"Hasil laba bersih pada musim 2019-20 juga akan ditinjau secara negatif," jelas laporan tersebut dikutip dari Football-Italia.

Diketahu pula pendapatan Juve meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir, hingga 16 persen sejak musim 2017-18, terutama saat Cristiano Ronaldo datang dan negosiasi ulang kerja sama sponsor dengan Adidas.

Meski demikian, besaran gaji membuat kondisi keuangan si Nyonya Tua terbilang mencemaskan dan saat ini berada di luar persyaratan FFP. Kebiasaan Juventus merekrut pemain yang bebas transfer, seperti Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot justru berdampak negatif. Hal ini karena mereka harus mengimingi pemain dengan gaji besar untuk mau bergabung.

Juventus sendiri masuk dalam 10 klub terkaya di dunia, dengan nilai 459,7 juta euro, di bawah Chelsea, Tottenham Hotspur, Liverpool, Manchester City, Paris Saint-Germain (PSG), Bayern Muenchen, Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona.