Larangan Suporter Tamu di Liga 1, Erick Thohir: Tahun Politik, Apalagi Masih Dipantau FIFA

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 04 Juni 2023
Larangan Suporter Tamu di Liga 1, Erick Thohir: Tahun Politik, Apalagi Masih Dipantau FIFA
NSB 12 dan Semeton Dewata saat memberikan dukungan pada Bali United di Sleman. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menanggapi soal larangan bagi suporter tim tamu hadir ke stadion dalam pertandingan Liga 1 2023/2024. Ia menjelaskan ada beberapa pertimbangan sehingga kebijakan tersebut dibuat.

Salah satunya Liga 1 2023/2024 diselenggarakan di tahun politik. Hal ini sebelumnya juga disampaikan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus.

LIB merasa bahwa kebijakan tersebut harus dibuat untuk memuluskan perizinan dari pihak yang berwenang. Kebijakan tersebut juga dijelaskan telah disepakati klub-klub Liga 1.

Baca Juga:

Persib Pinjamkan Henhen Herdiana ke Dewa United FC

Ze Valente Bicara Target, Peluang Jadi Kapten, dan Regulasi Pemain Asing

"Memang ada catatan yang saya dapat kemarin. Karena ini tahun politik," kata Erick Thohir.

Kebijakan ini sekaligus mengantisipasi hal tidak diinginkan, yang bisa menggagalkan perbaikan citra sepak bola Indonesia.

"Apalagi masih dalam pantauan FIFA karena peristiwa Kanjuruhan dan surat FIFA ada. Liga memutuskan memang untuk konteks keamanan, sementara pertandingan kandang dihadiri suporter tuan rumah, suporter tamu belum."

"Ini bertahap, jangan sampai persepsi suporter seakan-akan kita tidak melakukan. Ingat kita ada peristiwa kanjuruhan, memang menjadi paradigma negatif. Ketika kita tidak dihukum, FIFA beri kesempatan liga boleh jalan, pertandingan internasional boleh.

"Tetapi bila ada kerusuhan seperti akhir musim kemarin, percaya, FIFA akan memberhentikan seluruh sepak bola Indonesia. Visi PSSI ingin memastikan suporter pulang ke rumah selamat," jelas Erick Thohir.

Liga 1 Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan