Lawan Barcelona, Kedalaman Skuat Real Madrid Diuji Pasca Tampil di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 05 Mei 2018
Lawan Barcelona, Kedalaman Skuat Real Madrid Diuji Pasca Tampil di Liga Champions
Zinedine Zidane akan merotasi skuat Real Madrid di El Clasico (Getty Images)

BolaSkor.com - Selang lima hari pasca melawan Bayern Munchen di semifinal Liga Champions, Real Madrid sudah dihadapkan pada laga besar lainnya melawan seteru abadi, Barcelona, di ajang bertajuk El Clasico di pekan 36 La Liga.

Pertandingan berlangsung di Camp Nou pada Senin, 7 Mei 2018 pukul 01.45 dini hari WIB. Dibanding Barcelona asuhan Ernesto Valverde, yang kemungkinan besar tidak ada halangan menurunkan pasukan terbaiknya seperti: Lionel Messi, Luis Suarez, dan legenda yang akan hengkang akhir musim ini, Andres Iniesta, Zinedine Zidane justru dihadapkan pada ujian untuk merotasi pemainnya.

Zidane dituntut untuk melirik kedalaman skuatnya, untuk mencari formula terbaik saat melawan Barca, tanpa mengurangi kualitas bermain tim. Legenda hidup Santiago Bernabeu itu tidak bisa begitu saja memainkan susunan pemain yang sama, seperti saat melawan Bayern, karena risiko keletihan dan beberapa pemain yang masih cedera hingga diragukan tampil.

Terutamanya, pasca melawan Barcelona, Madrid akan melawan Sevilla di laga tunda La Liga. Zidane seharusnya tidak terlalu ambil pusing memikirkan susunan pemainnya pada laga nanti, karena faktanya, lebih mudah memilih pemain Madrid musim ini dibanding musim lalu.

Kedalaman skuat Los Blancos musim lalu lebih bagus dibanding saat ini, seiring bercokolnya nama seperti Alvaro Morata dan James Rodriguez. Saat ini, Zidane lebih mengambil risiko karena banyaknya pemain muda berbakat yang menjadi pelapis. Mereka berbakat, tapi minim pengalaman.

Jadi, opsi yang paling memungkinkan bagi Zidane adalah mengombinasikan pemain senior dengan muda, meski itu memainkan pemain yang baru saja tampil melawan Bayern. Keylor Navas kembali jadi starter untuk posisi kiper, begitu juga Sergio Ramos dan Marcelo di lini belakang.

Dua posisi lainnya kemungkinan akan mengalami perubahan. Pendamping Ramos boleh jadi bek berusia 21 tahun, Jesus Vallejo, karena kondisi Raphael Varane belum sepenuhnya fit bermain. Zidane tidak akan mengambil risiko cedera yang lebih parah, lalu absen di final Liga Champions melawan Liverpool pada 27 Mei mendatang. Sementara untuk posisi bek kanan, kemungkinan besar ditempati Nacho Fernandez sebagai pengganti Dani Carvajal yang cedera.

Lucas Vazquez bisa jadi bek kanan darurat. Namun, menghadapi Jordi Alba, bek kiri Barcelona yang sering naik membantu serangan (overlap), serta potensi tusukan dari pemain Barca yang ada di kanan pertahanan Barca, Vazquez bisa kewalahan bermain di posisi tersebut. Di tengah, Toni Kroos dan Luka Modric tetap jadi pilihan, begitu juga Casemiro yang dapat bermain menggantikan Mateo Kovacic.

Maju ke depan, Zidane banyak memiliki opsi. Seorang megabintang sekaliber Cristiano Ronaldo tidak akan melewatkan El Clasico. Winger asal Portugal berusia 33 tahun bisa didampingi oleh Gareth Bale, yang akan diberi kesempatan unjuk gigi, menggantikan Karim Benzema.

Opsi lain yang dapat dimainkan Zidane adalah memaksimalkan Dani Ceballos, Marco Asensio, dan Vazquez, atau Borja Mayoral dalam varian taktik 4-3-1-2, 4-3-3, atau 4-4-1. Banyak opsi yang dapat diterapkannya. Jadi, pilih yang mana, Zidane?

Breaking News Real Madrid FC Barcelona El clasico
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.177

Bagikan