Lawan Juventus, Mauricio Pochettino Ingin Tottenham Nikmati Permainan

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Maret 2018
Lawan Juventus, Mauricio Pochettino Ingin Tottenham Nikmati Permainan
Mauricio Pochettino berharap anak asuhnya bermain lepas saat melawan Juventus (Dan Mullan - Getty Images)

BolaSkor.com - Pencapaian Tottenham Hotspur musim ini di Liga Champions dibanding musim lalu sudah menjadi perkembangan signifikan. Musim lalu, mereka gugur cepat di fase grup. Sementara saat ini, sukses mencapai 16 besar dan di ambang lolos ke perempat final.

Menjelang leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Juventus di Wembley, Tottenham memiliki agresivitas gol tandang dari agregat gol 2-2. Hasil tanpa gol sudah cukup meloloskan mereka ke perempat final, sejak terakhir melakukannya pada tahun 2011 di era Harry Redknapp.

Lolos atau tidaknya Tottenham ke perempat final nantinya, takkan menghilangkan perkembang pesat mereka di era Mauricio Pochettino. Dengan proses dan kesabaran, rival sekota Arsenal ini tumbuh berkembang bersama dengan kolektivitas dan kedewasaan bermain.

Jika musim lalu gagal total di penyisihan grup. Kali ini, Tottenham lolos penyisihan grup yang berisikan Real Madrid, Borussia Dortmund, dan APOEL, sebagai juara grup. Tidak ada yang menyangka sebelumnya, ketika Madrid dan Dortmun dijagokan lolos.

Melihat segala proses perkembangan tersebut, serta partisipasi Tottenham di laga besar melawan Juventus, tim yang menjadi finalis Liga Champions dalam tiga tahun terakhir, Pochettino hanya ingin anak asuhnya menikmati momentum ini seperti halnya istilah kuno Yunani, "Carpe Diem" yang memiliki makna, "Nikmati, maksimalkan apa yang terjadi saat ini tanpa terlalu memikirkan masa depan".

"Memenangi satu titel akan jadi hal yang fantastis bagi semuanya dan akan banyak berarti, karena jika kami bisa memenangi trofi dalam proses itu, maka segalanya akan sempurna - berbeda dari klub lainnya," ucap Pochettino.

"Para pemain akan menjadi pahlawan karena mereka akan berkompetisi dengan tim-tim besar. Kami tak bisa memberikan batasan. Saya tidak melakukannya. Saya seorang pemimpi. Tiap kesempatan yang Anda mainkan, Anda harus melakukannya semaksimal mungkin," tuturnya, diberitakan Guardian, Rabu (7/3).

Pochettino ingin Tottenham bermain seperti biasanya: ofensif, enerjik, dan rajin melakukan high pressing kepada lawan. Meski nyatanya, hasil tanpa gol sudah cukup bagi mereka mendapatkan tiket ke perempat final Liga Champions. "Kami tak boleh berpikir terlalu banyak dengan konsekuensi hasil akhir nanti. Kami harus merasakan kebebasan (bermain)," imbuh Pochettino.

Liga Champions Mauricio Pochettino Tottenham Hotspur Juventus
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.136

Bagikan