BolaSkor.com - Tiga dekade lebih atau 30 tahun lebih AS Roma tidak pernah menapaki semifinal Liga Champions. Kini, Giallorossi sukses masuk empat besar dengan cara yang fantastis, melalui kemenangan dramatis 3-0 melawan Barcelona di Stadio Olimpico. Roma unggul agresivitas gol tandang melalui agregat gol 4-4.

Untuk kali pertama sejak 1984, saat format turnamen masih bernama Piala Eropa, Roma menapaki semifinal. Uniknya, seperti sudah ditakdirkan sebelumnya, Roma bertemu dengan Liverpool yang diperkuat mantan pemain mereka, Mohamed Salah, di semifinal Liga Champions musim ini.

Selain itu, Liverpool merupakan lawan mereka di final Piala Eropa 1984. Roma kalah via drama adu penalti dengan skor 2-4, setelah di waktu normal laga berakhir imbang 1-1 melalui gol Phil Neal yang dibalas Roberto Pruzzo. Di drama adu penalti, dua eksekutor Roma, Bruno Conti dan Francesco Graziani, gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Direktur Olahraga Roma, Monchi, yakin musim ini menjadi momen yang sempurna untuk membalaskan dendam final Piala Eropa 1984. Jika tim asuhan Eusebio Di Francesco bisa mempertahankan performa seperti saat menghadapi Barca di leg kedua delapan besar Liga Champions, maka Roma juga bisa mengalahkan Liverpool yang menyingkirkan Manchester City.

"Ini jadi kesempatan sempurna untuk menghapuskan kekalahan drama adu penalti di tahun 1984. Kami menghadapi tim yang sangat kuat, yang telah menyingkirkan Manchester City, tapi sekarang ini, kami hanya memikirkan diri sendiri dan mengulangi apa yang telah kami lakukan melawan Barcelona," papar Monchi, diberitakan Football Italia, Jumat (13/4).

"Hasil tersebut memberikan kami keyakinan, namun, laga melawan Liverpool akan jadi cerita berbeda. Kembalinya Salah? Seluruh pemain Liverpool sangat bagus, mereka punya banyak pemain bagus dan pelatih yang hebat (Jurgen Klopp). Kami sangat fokus menghadapi mereka semua," terangnya.

Salah yang pernah bermain di Roma pada medio 2015-2017 juga antusias, ketika tahu lawan yang dihadapinya adalah Serigala Ibu Kota. Ia mengaku sangat respek kepada Roma dan fans mereka.

"Saya melalui dua tahun yang hebat di Roma. Fans juga luar biasa hebat - mereka selalu menunjukkan cinta dan respek," imbuh Salah.

Leg pertama semifinal Liga Champions antara Liverpool dan Roma akan berlangsung di Anfield pada Rabu, 25 April 2018 pukul 01.45 WIB. Sementara leg kedua berlangsung pada Kamis, 3 Mei 2018 pukul 01.45 WIB di Stadio Olimpico.