BolaSkor.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memiliki rekor fantastis jelang bentrok 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu. Peramu taktik asal Spanyol itu tidak pernah menelan kekalahan saat membawa timnya bermain di sana.

Menurut catatan Marca, tujuh kunjungan Guardiola di masa lalu sebagai pelatih Barcelona, berakhir dengan lima kemenangan dan dua hasil imbang. Tak pernah kalah. Catatan itu termasuk kemenangan ikonik 6-2 pada 2 Mei 2009 di El Clasico pada ajang LaLiga.

Satu-satunya kekalahan terjadi kala ia melatih Bayern Munchen. Pada semifinal Liga Champions 2014, Bayern kalah 0-1 dari Real Madrid dan dilumat 0-4 di leg kedua. Terlepas dari kekalahan itu, Guardiola punya rekor apik di Santiago Bernabeu.

Baca Juga:

10 Fakta Menarik dari Hasil Undian 16 Besar Liga Champions 2019-20

Sukses di Barcelona dan Manchester City, Guardiola Cuma Pelatih Biasa yang Didukung Pemain Hebat

Demi Sepak Bola Italia, Pep Guardiola Dapat Dukungan Latih Juventus

Pep Guardiola

Tidak mudah bagi pelatih berusia 49 tahun mengulangi catatan hebat itu, sebab Man City bukan Barcelona. Ketika Guardiola melatih Barcelona, saat itu mereka berada di era kejayaan dalam skuat yang memiliki Xavi Hernandes, Andres Iniesta, dan Lionel Messi di usia prima.

Semenjak saat itu, Real Madrid telah menambah pundi-pundi trofi Liga Champions menjadi 13 dan berkembang di bawah asuhan Zinedine Zidane. Real Madrid akan menjadi tuan rumah di leg satu 16 besar Liga Champions, Kamis (27/02) pukul 03.00 dini hari WIB.

Liga Champions menjadi prioritas Man City saat ini setelah mereka menjauh dari titel Premier League karena konsistensi hebat Liverpool. Pep Guardiola pun mengakui ia bisa saja dipecat jika gagal (lagi) meraih titel Liga Champions musim ini.

"Saya ingin memenangkan Liga Champions. Saya memimpikannya dan saya akan menikmati persiapan untuk pertandingan melawan Madrid, untuk melihat apa yang bisa kami lakukan dan proses ini, dua pekan sebelumnya, akan menjadi momen paling membahagiakan dalam profesi saya, untuk membayangkan apa yang bisa kami lakukan untuk mengalahkan mereka."

"Jika kami tidak mengalahkan mereka, oke, datanglah pemilik klub atau Direktur Olahraga dan katakan, 'Ini tidak cukup baik, kami ingin Liga Champions, saya akan memecat Anda'."

“Oke, (saya akan mengatakan), 'Terima kasih, itu menyenangkan'. Saya tidak tahu (apakah itu akan terjadi). Itu telah terjadi berulang kali dan mungkin bisa kembali terjadi," tutur Pep Guardiola, dikutip dari Guardian.