Layaknya Musisi, Mir Perlakukan Motornya seperti Biola

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 19 November 2020
Layaknya Musisi, Mir Perlakukan Motornya seperti Biola
Joan Mir (MotoGP)

BolaSkor.com - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tak sembarangan dalam memerlakukan motornya, Rider asal Spanyol itu mencba sehalus mungkin saat menggeber tunggangan, layaknya violinis menggesek biola.

Cara tersebut baru dipelajari pada musim keduanya di MotoGP. Pembalap berusia 23 tahun itu mencoba lebih halus dalam membalap.

“Sebelumnya, saya merupakan pembalap yang suka dengan pengereman keras. Itu sudah seperti ciri khas. Namun, saat naik kelas ke MotoGP, cara itu tidak cocok dengan Suzuki,” ujar Mir dikutip dari Cycleworld.

Baca Juga:

Gagal Juara Dunia, Fabio Quartararo Tunjuk Kambing Hitam

Tak Mau Disamakan Dengan Marquez, Mir Jadikan Rossi sebagai Panutan

Mir kemudian mendapat saran dari mantan rider Suzuki, Kevin Schwantz. Ia menilai Mir punya potensi, tetapi harus lebih halus.

Saran serupa juga ditutur manajer Suzuki, Davide Brivio. Ia yang mengajarkan Mir agar menggeber motor layaknya menggesek biola.

“Saya harus lebih lembut lagi. Saya kemudian belajar bagaimana mengemudi dengan agresif, tetapi dengan irama,” ujar Mir.

Perubahan yang dilakukan Mir tersebut ternyata berbuah hasil. Ia sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020.

Hanya perlu dua musim, Mir akhirnya memutus dahaga Suzuki setelah 20 tahun. Ia menjadi rider pabrikan asal Jepang itu yang menjadi juara dunia setelah Kenny Roberts Jr dua dekade silam.

Breaking News Motogp MotoGP 2020 Joan Mir Suzuki Ecstar
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan