BolaSkor.com - Liga Super Eropa merasakan pukulan telak hanya beberapa hari setelah diumumkan. Sebagian tim yang sebelumnya memastikan diri ambil bagian, kini putar balik.

Liga Super Eropa dibentuk 12 tim papan atas dengan tujuan sepak bola yang lebih baik. Selain itu, para tim yang ikut serta dijanjikan pendapatan lebih banyak.

Akan tetapi, rencana tersebut ditentang FIFA dan UEFA. Sejumlah sanksi pun mulai dipersiapkan. Satu di antaranya adalah melarang klub yang ikut Liga Super Eropa tampil di liga domestik.

Akhirnya sejumlah klub memutuskan putar balik. Menurut jurnalis tepercaya, Fabrizio Romano, seluruh kontestan asal Inggris telah mengundurkan diri. Sementara itu, Inter Milan dan AC Milan akan menyusul.

Baca Juga:

Wakil Premier League Ramai-ramai Mundur dari Liga Super Eropa

Sempat Singgung Liverpool, Legenda Manchester United Akhirnya Minta Maaf

Ikut Liga Super Eropa, Man United Kecewakan Sir Alex Ferguson

Kini, posisi Juventus dan klub Spanyol yakni Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid sedang mempertimbangkan keputusan terbaik. Sulit melihat Liga Super Eropa tetap bergulir jika hanya dihuni keempat tim tersebut.

Pada sisi lain, Liga Super Eropa juga telah mengumumkan menunda bergulirnya kompetisi. Menurut pihak mereka, mundurnya tim asal Inggris karena adanya tekanan dari pihak luar.

"Liga Super Eropa yakin bahwa status quo sepak bola Eropa saat ini perlu diubah," tulis pernyataan resmi Liga Super Eropa.

"Kami mengusulkan kompetisi Eropa baru karena sistem yang ada saat ini tidak berfungsi. Proposal kami bertujuan memungkinkan olahraga berkembang sembari menghasilkan sumber daya dan stabilitas untuk piramida sepak bola yang penuh."

"Meskipun, pengumuman pengunduran diri klub-klub Inggris diambil karena tekanan dari luar, kami percaya diri dengan proposal saat ini selaras dengan peraturan dan regulasi hari ini untuk melindungi Liga Super Eropa dari pihak ketiga."

"Mengingat situasi saat ini, kami akan mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang paling tepat untuk menyusun kembali proyek. Kami selalu memiliki tujuan memberikan pengalaman sepak bola terbaik untuk suporter dengan pembayaran yang seimbang di komunitas sepak bola."