Lazio 4-0 AC Milan: Il Rossoneri Semakin Jauh dari Scudetto

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 25 Januari 2023
Lazio 4-0 AC Milan: Il Rossoneri Semakin Jauh dari Scudetto
Lazio 4-0 AC Milan (Twitter)

BolaSkor.com - Pekan 19 Serie A 2022-2023 berakhir dengan kekalahan telak juara bertahan AC Milan di Stadio Olimpico, markas Lazio, Rabu (25/01) dini hari WIB. Il Rossoneri kalah telak 0-4 dan semakin sulit mempertahankan titel Serie A.

Milan besutan Stefano Pioli saat ini berada di urutan dua klasemen dengan 38 poin dari 19 laga, terpaut 12 poin dari Napoli yang ada di urutan satu. Dengan kekalahan Milan, Napoli melenggang sendiri dalam perebutan titel Serie A.

Musim lalu AC Milan menang dua kali melawan Lazio dalam semusim. Namun situasinya berbeda kini. Lazio tanpa Ciro Immobile dan Maurizio Sarri memainkan 4-3-3 dengan mengandalkan Mattia Zaccagni, Felipe Anderson, Pedro di lini depan.

Milan arahan Stefano Pioli tetap dengan taktik 4-2-3-1 dan mengandalkan Olivier Giroud sebagai ujung tombak, yang ditopang oleh pergerakan Rafael Leao, Brahim Diaz, dan Junior Messias.

Baca Juga:

Batal Pindah, AS Roma Siapkan Hadiah untuk Nicolo Zaniolo

Nicolo Zaniolo Pilih Milan ketimbang Tottenham Hotspur

Diburu Milan dan Juventus, Roma Buka Peluang Jual Zaniolo

Tak mau kejadian musim lalu terulang, Lazio mencetak gol di awal laga melalui gol yang dicetak Sergej Milinkovic-Savic di menit 4. Zaccagni membuka pergerakan di sisi kanan pertahanan Milan, memberikan assist berupa bola mendatar yang disambar Milinkovic-Savic yang datang dari lini kedua. 1-0 Lazio unggul.

24 laga berjalan dan Pioli sudah dipaksa melakukan pergantian pemain dengan cederanya Fikayo Tomori, digantikan dengan Simon Kjaer. Milan masih kesulitan membangun serangan dengan baik dan Lazio bertahan dengan baik serta mengatur ritme bermain.

Rapuhnya pertahanan Milan kembali dieksploitasi Lazio di menit 38. Pertahanan Milan terlihat mudah ditembus kala Adam Marusic memberikan umpan terobosan, kemudian Zaccagni melewati Davide Calabria dengan mudah sebelum mencetak gol. 2-0 Lazio unggul dan ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Pioli melakukan tiga pergantian pemain lagi dengan masuknya Alexis Saelemaekers, Divock Origi, dan Charles De Ketelaere menggantikan Messias, Giroud, dan Brahim Diaz. Milan mendominasi permainan.

Akan tapi Lazio lebih efektif dan justru semakin berbahaya dari serangan balik. Penalti pun terjadi di menit 65 dari serangan balik, ketika Pierre Kalulu menjatuhkan Pedro di kotak terlarang kala coba merebut bola dari operan Felipe Anderson.

Penalti diambil oleh Luis Alberto dan dengan sempurna ia mencetak gol penalti ke gawang Milan yang dijaga Ciprian Tatarusanu. 3-0 Lazio semakin menjauh.

Nestapa AC Milan semakin bertambah dengan gol keempat Lazio di menit 74. Lagi, dari serangan balik Lazio mencetak gol dan kali ini Alberto jadi pemberi assist yang dikonversi jadi gol melalui jarak dekat oleh Felipe Anderson. Kedudukan kini 4-0 untuk Lazio.

Milan benar-benar kehabisan ide mencetak gol dan menembus pertahanan kuat Lazio. Itu sudah menyimpulkan performa buruk mereka belakangan ini semakin terlihat nyata di pertandingan ini. Sampai akhir laga skor tak berubah untuk kemenangan 4-0 Lazio atas Milan.

Susunan Pemain

Lazio (4-3-3): Ivan Provedel; Elseid Hysaj, Alessio Romagnoli, Nicolo Casale, Adam Marusic (Manuel Lazzari 78'); Luis Alberto, Danilo Cataldi (Marcos Antonio 87'), Sergej Milinkovic-Savic (Toma Basic 83'); Mattia Zaccagni, Felipe Anderson, Pedro (Luka Romero 78').

Pemain Cadangan: Luis Maximiano, Marius Adamonis, Patric, Matias Vecino, Marcos Antonio, Matteo Cancellieri, Luka Romero, Stefan Radu, Manuel Lazzari, Marco Bertini, Toma Basic, Mohamed Fares.

Pelatih: Maurizio Sarri

AC Milan (4-2-3-1): Ciprian Tatarusanu; Sergino Dest, Fikayo Tomori (Simon Kjaer 24'), Pierre Kalulu, Davide Calabria; Ismael Bennacer, Sandro Tonali; Rafael Leao (Ante Rebic 79'), Brahim Diaz (Charles De Ketelaere 59'), Junior Messias (Alexis Saelemaekers 58'); Olivier Giroud (Divock Origi 59').

Pemain Cadangan: Devis Vasquez, Antonio Mirante, Yacine Adli, Ante Rebic, Simon Kjaer, Divock Origi, Malick Thiaw, Tommaso Pobega, Rade Krunic, Aster Vranckx, Matteo Gabbia, Alexis Saelemaekers, Andrea Bozzolan, Charles De Ketelaere

Pelatih: Stefano Pioli

Milan AC Milan Lazio SS Lazio Serie a
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan