BolaSkor.com - Pebulu tangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila, tak sekedar mengharumkan nama Indonesia lewat raihan dua medali emas Asian Para Games 2018. Ratri juga tengah menempuh pendidikan Strata Dua dan berjuang meraih gelar magister.

Ratri menjadi pebulu tangkis putri Indonesia tersukses pada Asian Para Games 2018. Atlet berusia 27 tahun itu meraih dua medali emas dari nomor ganda putri dan campuran, serta medali perak dari tunggal.

Perjuangan Ratri merebut medali emas Asian Para Games 2018 tentu tidak mudah. Apalagi, ia harus membagi waktu antara latihan dengan pendidikan.

Beruntung, Universitas di mana Ratri menempuh pendidikan memiliki kelonggaran. Pihak kampus memberi kemudahan kepada Ratri yang tengah dalam pemusatan latihan nasional jelang Asian Para Games 2018.

"Saya tidak ada kesulitan membagi waktu secara penuh. Saya tidak diharuskan tatap muka untuk mengikuti kuliah. Kami dimudahkan mengikuti kuliah melalui email. Kami tetap menjalin komunikasi dengan dosen dan teman-teman yang lain meski melalui online," ujar Ratri.

Bagi Ratri, pendidikan dan prestasi harus berjalan seimbang. Ia ingin meraih kesuksesan di dua bidang tersebut.

"Bagi saya pendidikan tetap nomor satu. Makanya walaupun terus latihan, saya tetap berusaha kuliah agar mencapai cita-cita, yaitu menjadi inspirasi banyak orang," ujar Ratri.