BolaSkor.com - Wakil Asia di Piala Dunia 2023 akan lebih banyak. Hal ini tak lepas dari peningkatan jumlah peserta Piala Dunia 2026 menjadi 48.

Akan ada delapan tim Asia yang lolos. Sementara satu harus melalui play-off antar-konfederasi.

AFC menyatakan pada Senin (1/8) bahwa sistem kualifikasi empat putaran telah dirancang. Pada putaran pertama, 22 tim peringkat 26-47 Asia akan diundi dan berhadapan dalam dua leg.

Sebelas tim pemenang akan masuk ke putaran kedua. Tim peringkat 1-25 juga menjadi peserta di kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua zona Asia.

Artinya akan ada 36 tim di putaran kedua, yang akan dibagi ke dalam sembilan grup. Setiap grup berisi empat tim dan memainkan pertandingan kandang-tandang round-robin.

Sembilan juara grup dan sembilan runner-up grup melaju ke putaran ketiga. Total 18 tim pun akan dibagi tiga grup, sehingga masing-masing grup berisi enam tim dan akan memainkan pertandingan kandang-tandang round-robin.

Enam tim terdiri dari juara dan runner-up grup mendapat tiket ke Piala Dunia 2022. Sedangkan enam tim, terdiri dari peringkat ketiga dan keempat masuk ke putaran keempat.

Di putaran keempat, enam tim dibagi ke dalam dua grup, sehingga masing-masing grup berisi tiga tim. Juara grup mengambil dua tiket tersisa. Sedangkan dua runner-up grup akan bertemu untuk menentukan wakil Asia di babak play-off antar-konfederasi.

Pada Piala Dunia 2022, empat tim Asia memastikan diri lolos lewat kualifikasi. Iran dan Arab Saudi mendapat tiket setelah menjadi juara grup putaran ketiga, sedangkan Jepang dan Korea Selatan lolos sebagai runner-up.

Peringkat ketiga dua grup putaran ketiga yakni Uni Emirat Arab dan Australia bertemu untuk menentukan wakil Asia di play-off antar-konfederasi. Australia mengalahkan UEA 2-1 sebelum menang atas Peru 0-0 (5-4) di play-ff antar-konfederasi.

Dengan demikian ada enam tim Asia di Piala Dunia 2022, dimana Qatar tampil karena berstatus tuan rumah.