BolaSkor.com - Mantan wakil ketua penyelenggara Olimpiade London 2012, Keith Mills, menyatakan jika dirinya menjadi orang yang bertanggung jawab untuk Olimpiade Tokyo 2020 , maka ia akan membatalkan event olahraga tersebut.

Menurut Keith, Olimpiade Tokyo tahun ini yang dijadwalkan pada Juli-Agustus tampak tidak memungkinkan terselenggara karena pandemi COVID-19. Terlebih, situasi vaksin di beberapa negara belum merata.

"Jika saya duduk sebagai panitia penyelenggara di Tokyo, dan untungnya tidak, saya akan membuat rencana untuk pembatalan," ujar Keith dikutip dari Reuters.

"Saya yakin mereka memiliki rencana untuk pembatalan, tetapi menurut saya mereka baru akan benar-benar membuat keputusan final pada menit-menit terakhir."

Baca Juga:

Timnas Dapat Vaksinasi COVID-19, PSSI Berterima Kasih kepada Kemenpora

Timnas Indonesia Dapat Jatah Vaksin COVID-19

"Mereka pasti ingin melihat apakah situasinya membaik secara dramatis dan apakah vaksin dapat diluncurkan lebih cepat. Ini seruan yang berat dan saya tidak ingin berada di posisi mereka," lanjutnya.

Di sisi lain, Perdana Menteri Jepang, Yoshuhide Suga, memilih untuk tetap maju dengan persiapan untuk Olimpiade dalam menghadapi oposisi publik yang meningkat saat Jepang memerangi lonjakan infeksi virus corona.

Media mendapatkan hasil survey, di mana sebesar 80% orang Jepang berpendapat Olimpiade yang telah ditunda setahun karena pandemi, harus ditunda kembali.

Sayangnya, survey pendapat tersebut tidak terlalu didengar dan Masa Takaya selaku juru bicara Tokyo mengaku akan tetap melanjutkan, dengan sebanyak mungkin penonton dan bahkan tanpa vaksinasi.

Penulis: Alexander Matthew