Lebih Dekat dengan Marcelo Gallardo, Reinkarnasi Gagal Maradona Itu Kini Menjalani Impiannya

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 18 Desember 2018
Lebih Dekat dengan Marcelo Gallardo, Reinkarnasi Gagal Maradona Itu Kini Menjalani Impiannya
Marcelo Gallardo (fifa)

BolaSkor.com - "Tidak ada yang bisa melebihi ini. Tidak ada yang lebih daripada ini," ujar Marcelo Gallardo di tengah perayaan kemenangan epik River Plate di final Copa Libertadores 2018.

River Plate meraih pencapaian tertinggi kompetisi antarklub Amerika Latin usai membekuk rival sejati mereka, Boca Juniors. Lewat perjuangan berat, termasuk melakoni laga final ungsian di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, River Plate meraih sukses di bawah asuhan Marcelo Gallardo.

Merasa tak asing dengan nama tersebut? Ya, dia adalah Marcelo Gallardo yang dulu digadang-gadang sebagai titisan Diego Maradona. Dianggap gagal sebagai reinkarnasi sang legenda, Gallardo kini mulai merintis sukses lain sebagai juru taktik. Empat tahun mengarsiteki River Plate, Gallardo sudah mengoleksi sembilan trofi.

Marcelo Gallardo

Keberhasilannya membawa River menjuarai Copa Libertadores melambungkan pamor pelatih berjulukan Napoleon itu. Kini, Gallardo ingin menyempurnakan sukses tersebut dengan menjadi kampiun Piala Dunia Antarklub 2018.

Tidak heran jika saat ini pria berusia 42 tahun ini disebut akan menjadi incaran klub-klub Eropa. Gallardo dianggap mampu sejajar dengan pelatih top yang saat ini berkiprah di Eropa.

Baca Juga: Piala Dunia Antarklub 2018: 3 Talenta Berbakat yang Berpotensi Bermain di Liga Eropa

Sukses Gallardo tidak terjadi dalam semalam. Tipe kepelatihannya tidak lepas dari pengalamannya sebagai playmaker Argentina. Bersama Tim Tango, Gallardo sudah mengantongi 44 caps dari 1994 hingga 2003.


The Next Diego Maradona

Hampir setiap generasi, sepak bola Argentina selalu mencari sosok penerus Diega Armando Maradona. Gallardo merupakan salah satu dari sekian banyak "The Next Diego".

Setelah melakukan debut pada musim 1992-93, Gallardo kontan mampu mencuri perhatian. Julukan "Muneco" alias Boneka pun disematkan kepada Gallardo mengingat postur tubuhnya. Hanya butuh tiga tahun bagi Gallardo untuk menjadi idola River Plate. Dalam rentang itu, enam gelar juara Primera Division dan Copa Libertadores 1996 disabetnya bersama River.