Lebih Seru, Alasan Pelatih Persebaya Dukung Format Baru Kompetisi

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 18 Mei 2023
Lebih Seru, Alasan Pelatih Persebaya Dukung Format Baru Kompetisi
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Perubahan format pada kompetisi musim depan 2023/2024 mendapat respon positif pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso. Perubahan format ini dinilai memiliki tujuan agar kompetisi berjalan lebih menarik.

Format kompetisi musim depan 2023/2024 bakal berbeda dibandingkan musim lalu. Klub-klub akan menjalani format double round robin di reguler series. Kemudian, penentuan juara kompetisi memberlakukan format knock out untuk empat klub teratas dengan sistem dua leg home and away.

"Menurut saya bagus juga. Artinya pertandingan juga 37 kali untuk satu musim. Kalau kompetisi seperti sekarang ini (musim lalu, Red), memang (persaingan) ketat," ujar pelatih Persebaya Aji Santoso.

Baca Juga:

PSIS Semarang Kontrak Eks Kiper Dewa United FC

Diperpanjang Dua Musim, Hidayat Bertekad Menjadi Legenda Persebaya

"Dengan sistem yang akan diterapkan musim depan justru lebih seru. Karena ada empat tim yang masih bisa merebut juara ini lebih mendebarkan. Lebih dramatis," tambah juru racik asli Kepanjen, Kabupaten Malang.

Ketika disinggung apakah format sejenis perlu diterapkan untuk klub-klub terbawah, Aji Santoso mengungkapkan sistem tersebut tidak ideal dan akan terasa tidak adil. "Empat terbawah memang harus (langsung) degradasi. Tidak boleh play-off," katanya.

Karena itu, Aji Santoso mengatakan sistem degradasi yang telah berjalan tetap dipertahankan. Dia mencontohkan jika klub-klub terbawah kasta atas dipertandingkan melawan kasta dibawahnya malah tidak seru.

"Jangan sampai empat terbawah ini nanti bertarungnya dengan kasta yang dibawah. Tidak mungkin kan? Kalau bertarungnya dengan yang mau promosi tentu tidak fair," sebut pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

Untuk itu, Aji Santoso berharap upaya Ketua Umum PSSI Erick Thohir membangun sepak bola Indonesia membuahkan hasil positif. Apalagi setelah berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja melalui Timnas Indonesia U-22.

"Saya sangat yakin dengan meraih emas ini akan melecut Bapak Erick Thohir untuk benar-benar (membangun) sepak bola Indonesia itu bisa maju. Saya sangat yakin dengan kompetisi yang bagus akan melahirkan pemain-pemain yang bagus," pungkas Aji Santoso. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Aji santoso Breaking News Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan