BolaSkor.com - Cerita menarik muncul pada laga perdana liga Korea Selatan (K-League) 2020 antara Jeonbuk Hyundai Motors melawan Suwon Samsung Bluewing, Jumat (8/5). Laga yang membuka K-League setelah ditunda sejak 29 Februari karena pandemi virus corona.

Pada laga yang disiarkan ke 36 negara itu, juara bertahan Jeonbok memetik kemenangan tipis 1-0 lewat gol Lee Dong-gook. Gol ini terbilang spesial.

Selain karena menandai dimulainya kompetisi, Lee juga berhasil mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah. Pasalnya dengan gol ini, Lee Dong-gook, 41 tahun, berhasil selalu mencetak gol sepanjang 22 musim kariernya sebagai pemain.

Baca Juga:

Fiorentina dan Sampdoria Umumkan Kasus Virus Corona Baru, Risiko Tinggi Membayangi Serie A

Premier League Belum Dapat Lampu Hijau untuk Selesaikan Musim 2019-20

Dunia akan Jadi Saksi Dimulainya Kembali K-League di Tengah Pandemi Virus Corona

Total, saat ini, mantan pemain Werder Bremen dan Middlesbrough ini menjalani musim ke-11 bersama Jeonbuk dan sudah catatkan 158 gol.

Pemandangan spesial juga terjadi saat pemain yang pernah membela Werder Bremen dan Middlesbrough tersebut merayakan golnya. Lewat bahasa isyarat Lee menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas kesehatan yang sudah bekerja keras selama pandemi virus corona.

"Saya ingin mengekspresikan terima kasih kami kepada para pekerja yang berjuang melawan virus. Jadi sebelum laga, para pemain sudah merencanakan ini," ujar Lee dalam wawancara usai laga dikutip dari laman resmi K-League.

Rasanya memang tepat jika Lee Dong-gook menjadi sosok yang mencetak gol bersejarah ini. Lee, yang lahir di Pohang pada 29 April 1979 merupakan striker veteran Korsel yang merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa K-League.

Sepanjang kariernya yang panjang, Lee Ding-gook sudah 105 kali membela tim nasional Korsel sejak 1998 dengan membuat 33 gol. Bersama timnas Korsel, Lee Dong-gook dua kali tampil di Piala Dunia, dua kali di Piala Asia, dan sekali di Olimpiade.

Sayang pada 2006, Lee Dong-gook batal tampil di Piala Dunia ketiganya karena menderita cedera lutut parah yang memaksanya menepi selama enam bulan.

Lepas dari cedera, Lee mencoba peruntungan di Premier League setelah bergabung dengan Middlesbrough pada Januari 2007. Dia baru mencatat debut di Premier League saat masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-85 saat Middlesbrough menang atas Reading, 24 Februari 2007.

Lee akhirnya bisa mencetak gol perdananya bersama Middlesbrough ketika tampil melawan Northampton Town di ajang Piala Liga, 29 Agustus 2007. Sayang, dalam 23 penampilan di Premier League, Lee Dong-gook gagal membuat gol. Lee akhirnya kembali ke Korsel untuk memperkuat Jeonbok setelah Middlesbrough tidak memperpanjang kontraknya.