BolaSkor.com - Liverpool memetik kemenangan 3-0 atas Leeds United di Stadion Elland Road, Minggu (12/9) WIB. Dua gol Liverpool dicetak Mohamed Salah pada menit ke-20, Fabinho (50), dan Sadio Mane (90+1).

Pada laga ini Marcelo Bielsa hanya melakukan satu pergantian dari tim yang turun pada laga terakhir dengan memainkan Junior Firpo. Sedangkan Jurgen Klopp melakukan dua perubahan dari laga melawan Chelsea sebalum jeda internasional. Klopp memasukkan Diego Jota dan Thiago, menggantikan Roberto Firmino dan Jordan Henderson.

Main di depan publik Elland Road yang bising, Liverpool mencoba main tenang dan mengambil kendali permainan sejak kick-off. Pasukan Klopp berhasil memaksa Leeds lebih banyak di area sendiri.

Namun, peluang pertama justru diciptakan tuan rumah pada menit kelima. Menerima umpan dari Raphinha, Rodrigo yang bebas di depan gawang Liverpool melepaskan tembakan keras. Alisson mampu meninju bola yang mengarah ke dirinya.

Baca Juga:

Jurgen Klopp Masuk Kelompok Kontra Piala Dunia Dua Tahun Sekali

Klopp Tak Habis Pikir Alexander-Arnold Dimainkan sebagai Gelandang Tengah

Paniknya Jurgen Klopp Lihat Van Dijk Cedera Lagi

Pada menit kedelapan, giliran Liverpool yang menciptakan peluang. Akan tetapi bola sodoran Trent Alexander-Arnold tidak mampu dijangkau Diego Jota.

Liverpool berhasil menjebol gawang Leeds saat laga berjalan 20 menit lewat Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir itu meneruskan umpan silang Alexander-Arnold. Ini merupakan gok ke-100 Salah di Premier League. Dia menjadi pemain ke-30 yang menembus angka tersebut.

Liverpool makin gencar menyerang. Pada menit ke-25, Thiago menjebol gawang Ledds lewat tandukan. Namun, gol tidak disahkan karena Salah yang mengirim umpan ada dalam posisi offside. The Reds sejatinya bisa menambah gol jika sontekan Sadio Mane pada menit ke-26 di depan gawang Leeds tidak melambung.

Selang semenit kemudian, Liverpool kembali membuang peluang. Kali ini giliran Harvey Elliott yang bola sepakannya mampu dibendung kiper Leeds, Illan Meslier.

Liverpool terus membombardir pertahanan Leeds. Tepat menit ke-32, Liverpool nyaris menambah gol. Namun sekali lagi bola sepakan Mane tidak mengarah ke target. Selang enam menit kemudian, bola sepakan Elliott yang tipis melebar.

Leeds mencoba keluar dari tekanan dan memburu gol penyama sebelum babak pertama berakhir. Namun usaha Leeds lewat Luke Ayling masih gagal menemui sasaran. Bola sepakan volinya masih melambung.

Hingga babak pertama selesai, hanya gol ke-100 Salah di Premier League yang tercipta.

Babak kedua dimulai, Leeds mencoba mengambil inisiatif serangan terlebih dulu. Namun pasukan Bielsa belum berhasil menghadirkan ancaman berarti ke lini pertahanan Liverpool.

Liverpool mendapatkan peluang pada menit ke-49. Diego Jota berhasil meloloskan Mane yang mengirimkan umpan ke Salah. Namun usaha Salah masih bisa diblok Struijk dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Namun lewat skema sepak sudut tersebut Liverpool akhirnya menggandakan keunggulan. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Leeds, Fabinho menyambar bola dan mengirimnya ke dalam gawang Leeds. Liverpool unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, Leeds masih sabar memburu gol. Namun dua peluang yang didapat pemain pengganti Tyler Roberts masih belum berhasil menghasilkan gol.

Pada menit ke-60, Leeds harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah yang diterima Struijk. Kartu merah diberikan wasit setelah Strujik melakukan tekel keras dari belakang terhadap Elliott. Tekel yang membuat Elliott tak bisa melanjutkan pertandingan karena alami cedera parah.

Memasuki sepuluh menit terakhir, Liverpool mendapatkan beberapa peluang lewat Mane. Namun tidak ada satu pun dari kans membuahkan gol.

Menit ke-83, sepakan Bamford dari tengah lapangan nyaris membobol gawang Liverpool. Beruntung bagi Liverpool, Alisson mampu kembali ke gawang untuk menepis bola.

Di waktu tambahan, Liverpool menambah gol Liverpool lewat Mane meneruskan umpan Thiago. Hingga laga usai, skor 3-0 untuk Liverpool tidak berubah. Dengan tambahan tiga poin, Liverpool naik ke peringkat ketiga dengan raihan 10 poin, sama dengan Chelsea dan Manchester United.

Susunan Pemain

LEEDS UNITED (4-1-4-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Diego Llorente (Struijk 33), Liam Cooper, Junior Firpo; Kalvin Phillips; Raphinha, Stuart Dallas, Rodrigo Moreno (Roberts 46), Jack Harrison (James 68); Patrick Bamford

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Harvey Elliott (Henderson 64), Fabinho, Thiago (Keita 92); Mohamed Salah, Diogo Jota (Chamberlain 82), Sadio Mane