Leeds United Vs Man City: Respek Pep Guardiola kepada Sang Guru, Marcelo Bielsa

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 03 Oktober 2020
Leeds United Vs Man City: Respek Pep Guardiola kepada Sang Guru, Marcelo Bielsa
Marcelo Bielsa dan Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Duel Leeds United kontra Manchester City di pekan empat Premier League jadi salah satu laga yang dinanti pecinta sepak bola Inggris. Pasalnya kedua tim sama-sama bermain ofensif dan dilatih manajer jenius: Marcelo Bielsa dan Pep Guardiola.

Bagi Guardiola Bielsa bukan sekedar kolega melainkan teman dan juga guru. Pelatih asal Spanyol itu sangat mengaguminya hingga permainannya terinspirasi dari filosofi Bielsa. Tak ayal Guardiola mengakui Bielsa sebagai pelatih paling dikaguminya di dunia.

"Dia mungkin orang yang paling saya kagumi di dunia sepak bola - sebagai manajer dan sebagai pribadi," kata Guardiola dikutip dari Marca.

"Dia adalah manajer paling otentik dalam hal bagaimana dia mengatur timnya. Dia unik. Tidak ada yang bisa meniru dia, itu tidak mungkin. Saya jarang melihatnya, tetapi ketika saya senang menghabiskan waktu bersamanya, itu selalu menginspirasi."

Baca Juga:

Menilik Alasan Manajer Leeds United Duduk di Atas Ember Biru saat Pertandingan

Pep Guardiola Beberkan Biang Kekalahan Memalukan Manchester City dari Leicester

Manchester City 2-5 Leicester City: Momen Langka dalam Karier Kepelatihan Pep Guardiola

Marcelo Bielsa dan Pep Guardiola

Berbeda dari Guardiola yang meraih sukses dengan trofi-trofi yang diraihnya dengan Barcelona, Bayern Munchen, dan Man City, Bielsa tak pernah memenangi trofi prestisius dengan klub besar. Namun trofi bukan ukuran pasti untuk menilai kualitas pelatih.

"Nilai seorang manajer tidak bergantung pada berapa banyak gelar atau hadiah yang Anda menangkan. Tim saya memenangkan lebih banyak gelar daripada miliknya, tetapi dalam hal pengetahuan tentang permainan dan banyak hal lainnya, termasuk sesi latihan, saya masih jauh darinya," imbuh Guardiola.

"Ini adalah hadiah yang bagus untuk Premier League untuk memiliki dia di sini karena timnya selalu menyenangkan untuk ditonton, mereka jujur, mereka selalu ingin menyerang dan mereka menghasilkan sepak bola yang bagus untuk penonton."

Disebut guru dan sangat dikagumi oleh Guardiola, Bielsa justru merendah dan menilai dirinya bukan mentor bagi legenda Barca tersebut.

"Saya tidak merasa seperti mentor bagi Guardiola. Bukan hanya perasaan saya, itu terbukti tidak demikian, jika ada manajer yang independen dalam ide-idenya sendiri, itu adalah Guardiola," imbuh Bielsa.

"Bukan hanya karena saya mengatakannya, itu karena timnya bermain tidak seperti tim lain, banyak yang percaya bahwa (tim Barcelona Guardiola) adalah tim klub terbaik yang pernah dibuat."

Kedua pelatih pertama kali bertemu di Spanyol pada 2011 di LaLiga. Athletic Bilbao dilatih Bielsa dan Barcelona dibesut Guardiola. Laga berakhir 2-2 dan Guardiola mengakui belum pernah timnya (mighty Barcelona tim terbaik kala itu) dibuat kerepotan oleh tim yang bermain intens dan agresif.

Breaking News Pep Guardiola Marcelo Bielsa Leeds United Manchester City Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan