BolaSkor.com - Timnas Spanyol akhirnya sukses meraih satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Kepastian ini membuat lega sang pelatih, Luis Enrique.

Kelolosan Spanyol harus ditentukan pada laga terakhir grup B babak kualifikasi. La Furia Roja menaklukkan Swedia yang berstatus pesaing utamanya dengan skor 1-0 di Estadio de La Cartuja, Senin (15/11) dini hari WIB.

Spanyol sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan posisi puncak klasemen. Namun Enrique tetap mengincar kemenangan.

Baca Juga:

Portugal 1-2 Serbia: Cristiano Ronaldo Tak Bertaji

Portugal Harus Lakoni Playoff, Fernando Santos Siap Tanggung Jawab

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Portugal Tumbang, Spanyol Lolos ke Qatar

Hal itu membuat Spanyol tetap tampil agresif di lapangan. Dominasi penguasaan bola yang dilakukan Sergio Busquets dan kawan-kawan pun tetap terlihat.

Alvaro Morata akhirnya tampil sebagai pahlawan lewat gol tunggalnya empat menit sebelum waktu normal berakhir. Ia menaklukkan Robin Olsen dari jarak dekat memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Dani Olmo.

“Kami menderita dalam permainan karena Swedia bertahan dengan baik dan menutup ruang. Pada akhirnya saya pikir kami mendapat hadiah yang pantas untuk para pemain," kata Enrique usai laga di situs resmi UEFA.

"Saya merasakan lebih banyak tekanan dalam beberapa pertandingan terakhir daripada di Piala Eropa 2020 atau Nations League. Saya seolah membawa ransel seberat 100 kilogram di punggung."

Spanyol mampu melanjutkan tradisinya untuk lolos ke putaran final Piala Dunia. Terakhir kali mereka harus absen pada edisi 1974 yang berlangsung di Jerman.