BolaSkor.com - Legenda Barcelona, Julen Lupetegui, mengkritik Real Madrid yang mengumumkan telah menunjuk pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, sebagai pengganti Zinedine Zidane hanya dua hari sebelum Piala Dunia 2018 dihelat. Menurut Xavi, itu bukanlah waktu yang tepat.

Sehari setelah diresmikan menjadi pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui langsung menerima pil pahit didepak dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol. Padahal, selama menukangi Sergio Ramos dan kawan-kawan, Lopetegui tidak pernah menuai kekalahan.

Dalam pernyataan resminya, federasi sepak bola Spanyol mengungkapkan, merasa kecewa karena baru mengetahui Lopetegui akan menjadi pelatih anyar Los Blancos lima menit sebelum pengumuman.

Keputusan Real Madrid tersebut pun ditentang oleh Xavi. Meskipun pada sisi lain, pemenang Piala Dunia 2010 tersebut menilai pemecatan Lopetegui tak akan banyak memberikan pengaruh.

"Saya bukan orang yang akan membicarakan Lopetegui bergabung dengan Real Madrid. Namun, itu bukan momen yang paling ideal atau yang tepat," kata Xavi kepada Radio Marca.

Kendati demikian, Xavi tetap optimistis La Furia Roja akan tampil dengan maksimal di bawah asuhan pelatih anyar, Fernando Hierro. "Anda tidak pernah tahu, para pemain sudah mempersiapkan semuanya dan bisa memainkan peran yang bagus di Piala Dunia," ujar Xavi.

"Kepemimpinan di timnas Spanyol tidak akan hilang, ada Sergio Ramos, Gerard Pique dan Andres Iniesta. Ada orang-orang yang sangat siap dan suasana yang sangat baik. Ini bukan situasi terbaik, namun pada saat yang sama, itu akan menyatukan mereka dan memberi lebih banyak pada diri mereka sendiri. Anda tidak pernah bisa
mengetahuinya," ungkap eks Barcelona itu.

Timnas Spanyol akan menghadapi Portugal pada laga pertama Grup B, di Fisht Stadium, Sabtu (16/6). Pada pertemuan terakhir, La Furia Roja mengandaskan perlawanan Portugal 1-0 melalui gol David Villa.