BolaSkor.com - Timnas Belanda telah melaju ke semifinal UEFA Nations League dan tampil bagus di dua laga pada jeda internasional September. Tim besutan Louis van Gaal mengalahkan Belgia (1-0) dan Polandia (2-0).

Dua clean sheets dan tiga gol. Bek Liverpool, Virgil van Dijk, bermain baik di jantung pertahanan kala berduet dengan bek Ajax Amsterdam Jurrien Timber. Kendati demikian performa Van Dijk tetap mendapatkan kritik.

Itu datang dari legenda sepak bola Belanda berusia 57 tahun, Marco van Basten. Van Basten tidak mengkritik performa Van Dijk yang bermain bagus, tapi di satu sisi ia melihat mantan bek Southampton itu seharusnya bisa lebih berusaha lagi.

Berusaha dalam artian meningkatkan permainan dari aspek membangun serangan dari belakang, seperti halnya Jurrien Timber. Menurut Van Basten jika Van Dijk melakukannya, maka itu akan membantu permainan Belanda.

Baca Juga:

Biar Semua Senang, Muncul Ide Tukar Firmino dengan Depay

Jurgen Klopp Dituding Jadi Penyebab Kepergian Sadio Mane dari Liverpool

Kabar Baik dari Mesir untuk Liverpool Mengenai Mohamed Salah

"Van Dijk sebenarnya adalah orang terbaik, tetapi paling sedikit dalam hal inisiatif. Sebenarnya sangat aneh bahwa pemain yang sangat bagus seperti itu tidak berbuat banyak untuk tim nasional Belanda dalam membangun serangan," tutur Van Basten kepada Ziggo Sport.

"Timber adalah pembangun serangan yang sangat baik. Ajax benar-benar mulai bermain bagus karena pemain ini, dan begitu pula tim nasional Belanda. Benar-benar karenanya kami bermain dengan mudah dari belakang. Dia benar-benar pemain top."

Van Dijk memang masih berusaha menemukan performa terbaiknya kembali musim ini, khususnya karena di awal musim 2022-2023 Liverpool juga mengalami inkonsistensi performa. Selain itu terkait dengan ucapan Van Basten, Van Dijk juga memiliki caranya sendiri bermain sepak bola dan itu terbukti dengan kekuatan lini belakang Belanda atau Liverpool saat ia bermain.