BolaSkor.com – Kabar mengejutkan datang dari Inggris baru ini. Legenda Manchester United dan timnas Inggris, Wayne Rooney, telah dikonfirmasi oleh FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) akan kembali membela skuat Three Lions untuk laga uji coba melawan Amerika Serikat (AS) pada 15 November mendatang.

Bukan hanya sekedar laga uji coba, dana masuk dari pertandingan tersebut juga akan dimasukkan ke badan yayasan amal milik Rooney. Jika tampil di laga nanti, Rooney akan menggenapkan jumlah penampilannya menjadi 120 caps.

Tanpa laga itu saja pemain berusia 33 tahun sudah tercatat dalam sejarah sepak bola Inggris, sebagai pengemas caps terbanyak sepanjang masa Inggris kedua setelah Peter Shilton dan top skor sepanjang masa tim dengan torehan 53 gol. Jadi, momen kembalinya Rooney cukup dinantikan fans Inggris.

Banyak juga yang beranggapan comeback Rooney agar fans dan dirinya bisa berpisah dengan baik, cara yang tepat, pasca Rooney memutuskan pensiun dari timnas Inggris tahun lalu. Ia menolak panggilan Gareth Southgate kala itu.

Namun, tidak semua pihak menerima momen kembalinya Rooney. Salah satu yang menentangnya adalah Peter Shilton, legenda Inggris lainnya.

“Saya terkejut ketika membacanya (Rooney kembali bela Inggris) dan saya masih kesulitan memahami keputusannya. Sudah dua tahun berlalu sejak Rooney terakhir bermain, Inggris ada di tahapan baru dan menjalani Piala Dunia dengan baik, tapi keputusan itu memundurkan mereka,” tegas Shilton kepada Mirror.

“Ini bukan berarti Wayne tidak pantas mendapatkan penghargaan, tapi berikanlah presentasi, jangan berikan penampilan yang mana ini salah dan juga menutup kesempatan pemain muda bermain. Saya sama sekali tidak menyetujuinya.”

“Bermain untuk negara Anda merupakan kehormatan terbesar, tapi faktanya adalah, MLS (Major League Soccer) tidak sama sekali mendekati level bermain yang sama seperti Premier League. (masa) Wayne Rooney telah berakhir di Inggris, Gareth Southgate beranjak dan saya sama sekali tak setuju dengannya,” cetus Shilton.

Komentar Shilton itu boleh jadi berlebihan. Toh, Rooney hanya bermain di satu laga, laga uji coba, bukan laga di kompetisi seperti Liga Negara Eropa. Para pemain muda malah dapat belajar dari pemain yang saat ini bermain di DC United dan pernah 23 kali jadi kapten timnas Inggris.