BolaSkor.com - Legenda Manchester United, Wayne Rooney menilai keputusan klub mendepak Louis van Gaal pada 2016 merupakan kesalahan yang besar. Menurut penyerang yang kini bermain di Derby County itu Man United bisa lebih baik jika Van Gaal bertahan.

Pelatih asal Belanda melatih Man United pada medio 2014-2016 setelah membesut timnas Belanda menggantikan David Moyes. Permainan Man United inkonsistensi selama dua musim itu, namun Van Gaal banyak mengorbitkan pemain muda.

Pada eranya banyak produk akademi klub yang naik ke permukaan - salah satunya Marcus Rashford. Namun Man United bermain cenderung membosankan pada era kepemimpinan Van Gaal hingga klub memecatnya dan menggantinya dengan Jose Mourinho.

Keputusan itu unik, sebab Van Gaal dipecat setelah mempersembahkan titel Piala FA. Alhasil Rooney yang bermain di bawah asuhannya selama dua tahun menilai United terlalu cepat memecat Van Gaal. Dia yakin Van Gaal bisa meningkatkan performa klub jika diberi waktu lebih.

Baca Juga:

Paul Scholes Pilih Van Nistelrooy sebagai Penyerang Terbaik Manchester United

5 Wonderkid Manchester United yang Layu Sebelum Berkembang

Tak Hanya Cristiano Ronaldo yang Ada di Hati Rio Ferdinand

Louis van Gaal dan Wayne Rooney

"Saya merasa hancur ketika Louis dipecat. Bagi saya, itu adalah kepuasaan yang absolut bekerja dengannya," ucap Rooney dikutip dari The Mirror. "Kami seharusnya menahannya untuk musim ketiga. Kami akan jauh lebih kuat."

Rooney bahkan menilai banyak belajar dari mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu, melebihi ilmu yang didapatnya dari eks manajer legendaris United yang melatih selama 26 tahun, Sir Alex Ferguson.

"Saya merasa segalanya membaik dan para pemain mulai memahami visinya. Dalam dua tahun itu saya belajar lebih banyak daripada di bawah manajer lainnya," tambah Rooney.

"Inilah sebabnya saya akan selamanya berterima kasih kepadanya. Tidak hanya untuk menjadikan saya kapten, tetapi juga untuk semua kepercayaan dan keyakinan yang ia miliki pada saya. Lagiula, kami tidak memiliki tim terbaik di liga, tetapi kami tidak bisa melakukannya dengan 12 pemain yang cedera."

"Susunan pemain terbaik kami cukup bagus untuk bermain di empat besar, tetapi begitu kami mendapat cedera, kami mendapat masalah karena kami tidak memiliki kualitas yang sama di skuat seperti pada tahun-tahun sebelumnya."

"Pada saat itu itu baik bagi saya karena saya telah memutuskan bahwa saya ingin menjadi manajer. Dan bekerja dengan Louis dengan cara itu tak ternilai menurut pendapat saya, karena saya bisa belajar banyak darinya. Saya tidak bisa berharap untuk contoh yang lebih baik," urai Rooney.