Legenda Piala AFF: Bambang Pamungkas, Ikon Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 02 Desember 2021
Legenda Piala AFF: Bambang Pamungkas, Ikon Timnas Indonesia
Bambang Pamungkas. (AFF)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia belum sekalipun menjadi juara Piala AFF (Piala Tiger 1996). Skuat Garuda hanya bisa menjadi runner-up sebanyak lima kali (2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016).

Selain Kurniawan Dwi Yulianto, ada satu nama yang selalu dikenang dalam perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF. Satu nama itu adalah Bambang Pamungkas.

Baca Juga:

Legenda Piala AFF: Le Cong Vinh, 'The Golden Boy' Vietnam

Legenda Piala AFF: Noh Alam Shah, Top Skorer Milik Singapura

Kiprah di Piala Tiger 2000-2002

Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas. (Media Persija)

Pemain yang akrab disapa Bepe tersebut memulai kiprahnya bersama Timnas Indonesia di Piala Tiger saat tahun 2000. Saat itu, Bepe diandalkan karena baru saja menjadi top skorer Liga Indonesia 1999-2000 bersama Persija Jakarta dengan 24 gol. Kegemilangannya itu juga membuat Bepe pindah ke klub Belanda, EHC Norad.

Bepe saat itu menjadi pemain muda di tengah para senior macam Aji Santoso, Eko Purdjianto, Uston Nawawi, Edward Ivak Dalam, Djet Donald Laala, Imran Nahumarury, Nur'alim, Rochy Putiray, dan Sahari Gultom. Ia golongan pemain muda bersama Kurniawan Dwi Yulianto. Ia masih kalah saing dengan Kurniawan Dwi Yulianto dan Gendut Doni Christiawan, yang menjadi pilihan pelatih Nandar Iskandar.

Di Piala Tiger 2002, Bepe baru menjadi pilihan Ivan Kolev. Bepe turun dalam empat laga penyisihan grup melawan Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Namun, Bepe mencetak gol saat Timnas Indonesia menan 4-2 atas Kamboja (empat gol) dan Filipina 13-1 (4 gol).

Pada babak semifinal, Bepe mencetak gol saat Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 1-0. Skuat Garuda melaju ke babak final melawan Thailand. Sayang, Timnas Indonesia kalah dari Thailand melalui adu tendangan penalti.

Delapan gol yang dibuatnya membuat Bepe menjadi top skorer Piala AFF 2002. Sementara gelar pemain terbaik disabet Therdsak Chaiman dari Thailand.

Piala AFF 2007-2012

Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Bepe absen di Piala Tiger 2004. Peter White lebih mengandalkan Ilham Jaya Kusuma dan Boaz Solossa yang saat itu masih berusia 18 tahun.

Bepe kembali di Piala AFF 2007. Namun, ia kurang menggigit karena tak mampu mencetak satu gol pun sebelum Timnas Indonesia pulang setelah mengakhiri fase grup.

Bambang Pamungkas baru mencetak gol lagi saat Timnas Indonesia bertemu Myanmar di fase grup Piala AFF 2008. Satu gol lagi dibuat ketika Indonesia mengalahkan Kamboja. Timnas Indonesia terhenti di semifinal karena kalah dengan agregat 1-3 dari Thailand.

Di Piala AFF 2010, Bepe hanya mencetak dua gol melalui titik penalti pada Timnas Indonesia menang 2-1 atas Thailand di fase grup. Alfred Riedl lebih memilih Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim sebagai duet lini depan. Indonesia dikalahkan Malaysia di laga final.

Piala AFF 2012 menjadi yang terakhir buat Bambang Pamungkas. Bepe memakai nama punggung Pamungkas, yang juga berarti terakhir sebelum menyatakan pensiun dari Timnas Indonesia pada April 2013. Bambang Pamungkas tak mencatatkan gol, sementara Timnas Indonesia terpuruk dengan hanya duduk di tempat ketiga babak grup.

Bepe pensiun dengan status legenda tanpa juara di Piala AFF. Bepe mencatatkan 12 gol selama Piala AFF, dan menjadi satu-satunya pemain yang sering tampil di Piala AFF (2000, 2002, 2007, 2008, 2010, dan 2012)

Selain itu, ia mencatatkan caps dan gol terbanyak di Timnas Indonesia masing-masing 87 dan 38. Kini, ia fokus menjadi manajer Persija Jakarta.

Bambang pamungkas Piala AFF 2020 Piala aff Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan