Legenda Piala AFF: Le Cong Vinh, 'The Golden Boy' Vietnam

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 01 Desember 2021
Legenda Piala AFF: Le Cong Vinh, 'The Golden Boy' Vietnam
Le Cong Vinh. (VFF)

BolaSkor.com - Vietnam saat ini menjadi raja Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan kiprah The Golden Stars dalam beberapa tahun terakhir.

Anak-anak asuhan Park Hang-seo meraih posisi runner-up Piala Asia U-23 2018, peringkat keempat Asian Games 2018, juara Piala AFF 2018, hingga melaju ke perempat final Piala Asia 2019.

Bahkan terakhir Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam bahkan menempati posisi ke-99 ranking FIFA, negara terbaik Asia Tenggara.

Baca Juga:

Legenda Piala AFF: Noh Alam Shah, Top Skorer Milik Singapura

Legenda Piala AFF: Kiatisuk Senamuang, Pemain dan Pelatih Tersukses Thailand

Le Cong Vinh
Le Cong Vinh. (AFF)

Namun jauh sebelum itu, Vietnam sudah menunjukkan kebangkitan sepak bolanya kala meraih gelar juara Piala AFF 2008. Ini gelar perdana The Golden Stars di ajang paling bergengsi se-Asia Tenggara.

Satu nama yang patut diingat ketika itu adalah Le Cong Vinh. Pemain berjuluk The Golden Boy ini menjadi legenda sepak bola Vietnam, bahkan Asia Tenggara.

Le Cong Vinh memulai kiprahnya di Piala Tiger 2004 dan Piala AFF 2007. Namun, ia hanya mampu membawa Vietnam melaju ke semifinal pada tahun 2007. Dalam dua edisi, pria kelahiran 10 Desember 1985 itu mencetak enam gol.

Juara Piala AFF 2008 hingga Tak Bertaji

Le Cong Vinh
Le Cong Vinh. (VFF)

Kemudian, Le Cong Vinh menjadi andalan Vietnam di Piala AFF 2008. Ia menjadi penentu Vietnam meraih gelar juara. Dua gol dicetak sepanjang turnamen ditorehkan dalam laga final.

Saat itu, di final leg pertama dalam kandang Thailand, ia mencetak satu gol dan membantu Vietnam menang 2-1.
Ia membuat gol lagi untuk menahan Thailand 1-1 sekaligus membuat Vietnam menjadi kampiun.

Di Piala AFF 2010, ia absen lantaran cedera. Dua tahun kemudian, Le Cong Vinh tidak dapat membawa Vietnam lolos babak penyisihan grup.

Selanjutnya pada Piala AFF 2014, ia mencatatkan empat gol. Satu gol masing-masing dibuat melawan Indonesia (2-2), kontra Laos (3-0), sementara dua lain saat menghadapi Malaysia di leg kedua semifinal (2-4). Vietnam gagal melaju ke final karena kalah agregat 4-5 dari Malaysia.

Pada Piala AFF 2016, Le Cong Vinh harus puas disingkirkan Timnas Indonesia di babak semifinal dengan agregat 3-4. Ia hanya mencetak dua gol di fase grup melawan Myanmar dan Kamboja. Ia pun pensiun dari timnas Vietnam.

Sepanjang karier di Piala AFF, Le Cong Vinh mencatatkan 28 penampilan dengan 15 gol. Sementara secara keseluruhan ia mencatatkan 83 caps bersama Timnas Vietnam dengan 51 gol.

Le Cong Vinh Vietnam Timnas vietnam Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan