BolaSkor.com - Noh Alam Shah menjadi legenda sepak bola Asia Tenggara. Siapa yang tak mengenal pemain yang akrab disapa Along tersebut. Terutama untuk sepak bola Singapura dan Indonesia.

Along merupakan legenda timnas Singapura. Pria kelahiran 9 Maret 1980 itu membawa Negeri Singa meraih gelar juara Piala AFF (Piala Tiger) 2004 dan 2007.

Di sisi lain, Along dikenal oleh pencinta sepak bola Indonesia karena membawa Arema Indonesia menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2009/2010.

Baca Juga:

5 Pemain yang Ditunggu Kiprahnya di Piala AFF 2020

Legenda Piala AFF: Kiatisuk Senamuang, Pemain dan Pelatih Tersukses Thailand

Karier di Piala AFF

Singapura
Singapura juara Piala Tiger 2004. (Fourfourtwo)

Jika berkarier di Piala AFF, Along memulai debutnya bersama timnas Singapura saat tahun 2004. Namun, penampilannya kurang gereget di fase grup.

Along baru mencetak gol di leg pertama semifinal, ketika Singapura menekuk Myanmar 4-3. Tiga gol atau hat-trick kemudian dicatatkan di leg kedua di kandang untuk membuat Singapura menang 4-2. Sayang, Along tak mencetak gol saat Singapura kalahkan Timnas Indonesia di laga final dengan agregat 5-2.

Noh Alam Shah terus diandalkan, termasuk di Kualifikasi Piala Asia, Kings Cup, sebelum kembali dimainkan di Piala AFF 2007. Along mencetak 10 gol dan menjadi top skorer Piala AFF 2007. Ia juga menyandang status sebagai pemain terbaik lewat penampilan menawannya.

Tujuh gol dibuatnya ketika Singapura mengalahkan Laos 11-0 di penyisihan grup. Ia mencetak satu gol dari titik penalti dalam laga terakhir grup kontra Indonesia, yang berakhir 2-2.

Satu gol yang dicetak membuat Singapura menahan imbang tuan rumah Malaysia 1-1 di leg pertama semifinal. Itu sebelum Singapura memastikan kemenangan di leg kedua sehingga lolos ke final.

Noh Alam Shah mencetak gol kesepuluhnya di leg pertama final di kandang untuk membantu Singapura menang 2-1 atas Thailand. Singapura menjadi juara setelah di leg kedua menahan Thailand 1-1 lewat gol Khairul Amri.

Noh Alam Shah Sang Legenda

Noh Alam Shah
Noh Alam Shah. (Facebook)

Penampilan Noh Alam Shah dianggap menurun di Piala AFF 2010. Hal itu pula yang membuat dirinya tersingkir.

Total eks Arema mencatatkan 84 caps dengan 34 gol. Along pun tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Piala AFF dengan raihan 17 gol.

Setelah pensiun, Along menjadi asisten Fandi Ahmad di Piala AFF 2018. Sayang, timnas Singapura tak bisa melenggang ke babak semifinal, usai kalah bersaing dengan Thailand dan Filipina. Namun, Singapura berhasil mengalahkan Indonesia 0-1 di pertandingan pertama.