Legenda Piala AFF: Safee Sali, Mimpi Buruk Indonesia dari Malaysia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 02 Desember 2021
Legenda Piala AFF: Safee Sali, Mimpi Buruk Indonesia dari Malaysia
Safee Sali. (AFF)

BolaSkor.com - Safee Sali menjadi nama yang selalu diingat publik sepak bola Malaysia dan Indonesia. Maklum saja, pria kelahiran 29 Januari 1984 itu pernah menghadirkan mimpi buruk bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Ia membawa Malaysia menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Spesialnya gelar tersebut diraih usai mengalahkan Timnas Indonesia di laga final. Padahal ketika itu, Skuat Garuda tampil superior dengan sapu bersih kemenangan sampai babak semifinal.

Baca Juga:

Legenda Piala AFF: Le Cong Vinh, 'The Golden Boy' Vietnam

Legenda Piala AFF: Noh Alam Shah, Top Skorer Milik Singapura

Perjalanan Safee Sali di Piala AFF

Safee Sali menunjukkan ketajaman di klub-klub awal kariernya. Ia sempat membela timnas Malaysia U-23 untuk Kualifikasi Olimpiade Athena 2004 dan pra SEA Games 2005. Namun penampilannya kurang mengigit.

Safee Sali kemudian mendapat kepercayaan dari pelatih B. Sathianathan untuk membela Malaysia di ajang Pestabola Merdeka 2007. Safee Sali menjadi pencetak gol terbanyak dengan empat gol sebelum masuk skuat Piala Asia 2007. Safee Sali kemudian dipilih untuk mengisi tim di SEA Games 2007.

Ia terus menunjukkan perkembangannya kala membela Malaysia pada tahun 2008. Ia memborong tiga gol saat Malaysia melawan Irlandia (1-3), Irak (0-1), dan Nigeria (1-1) di Piala Interkontinental Malaysia.

Safee Sali tampil di Piala AFF pertamanya pada edisi 2018. Namun pada edisi pertamanya, ia hanya mencetak satu gol melawan Laos di babak penyisihan grup. Malaysia pun tersingkir setelah finis di tempat ketiga.

Mimpi Buruk bagi Timnas Indonesia

Safee Sali
Safee Sali. (AFF)

Safee Sali menunjukkan tajinya di Piala AFF 2010. Walaupun harus kalah 1-5 dari Timnas Indonesia pada laga pertama, Safee Sali dapat membawa Malaysia bangkit dan lolos ke semifinal.

Di semifinal, ketajaman Safee Sali terlihat. Ia memborong dua gol kemenangan Malaysia 2-0 atas Vietnam di leg pertama. Selanjutnya, Safee Sali membawa Malaysia menahan Vietnam 0-0 di leg kedua. Harimau Malaysia melaju ke laga final.

Safee Sali kian tajam dengan mencetak dua dari tiga gol kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia, pada leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Kemudian, pemain kelahiran Selangor itu kembali mencetak gol saat Malaysia kalah 1-2 dari Skuat Garuda , pada leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Safee Sali berhasil membawa Malaysia juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Ia pun mendapat predikat gelar top skorer.

The Million Boy

Safee Sali
Safee Sali. (Istimewa)

Safee Sali kemudian diambil Pelita Jaya setelah kegemilangannya di Piala AFF. Kabarnya, Safee Sali mendapat gaji luar biasa dari Pelita Jaya, sehingga dijuluki The Million Boy. Padahal saat itu, Safee Sali diincar beberapa klub besar Indonesia, seperti Persib Bandung.

Di Piala AFF 2012, Safee Sali tidak dapat membawa Malaysia juara di kandang sendiri. Malaysia terhenti di semifinal setelah kalah agregat 1-3 dari Thailand.

Pada Piala AFF 2014 dan 2016, Safee Sali juga tak bisa membuat Malaysia menjadi juara. Ia sempat menyatakan keinginan pensiun pada 2016, namun setahun berikutnya membuka peluang kembali memperkuat timnas Malaysia. Kini, ia sudah benar-benar tidak dipanggil lagi ke timnas Malaysia.

Safee sali Timnas Indonesia Malaysia Timnas malaysia Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.967

Bagikan