Lepas Tim Indonesia, Presiden Jokowi Ingin Atlet Raih Prestasi Setinggi-tingginya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 09 Mei 2022
Lepas Tim Indonesia, Presiden Jokowi Ingin Atlet Raih Prestasi Setinggi-tingginya
Presiden Jokowi saat melepas Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5). (Tangkapan Layar Youtube Setneg RI)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), resmi melepas Kontingen Indonesia (Tim Indonesia) untuk SEA Games 2021 di Istana Negara, Medan Merdeka, Jakarta, Senin (9/5).

Dalam acara tersebut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali, Ketua NOC Indonesia (Komite Olimpiade Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono, serta beberapa atlet dan ofisial Tim Indonesia.

Dalam pesannya, Jokowi meminta ada peningkatan peringkat di SEA Games edisi ke-31 ini.

"Hari ini segera akan kita lepas kontingen SEA Games ke-31 ke Vietnam, saya ingin kontingen yang sekarang, yang tadi disampaikan Menpora (Zainudin Amali) lebih ramping, tapi kami semua, masyarakat Indonesia menginginkan kontingen ini meraih prestasi setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya, untuk mengharumkan negara kita, bangsa kita, Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian menyinggung capaian prestasi Kontingen Indonesia sejak SEA Games 2015 Singapura sampai SEA Games 2019 Filipina. Presiden Jokowi menginginkan adanya perbaikan peringkat Indonesia di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

"Saya ingat di SEA Games sebelumnya di Singapura pada 2015 kita di peringkat 5, kemudian di Malaysia (2017) juga masih di peringkat 5, dan 2019 di Filipina kita masuk ke peringkat 4. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking ketiga, kedua, atau kesatu," tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Jadwal Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 pada 9 Mei

Asa Medali Emas dari Kick Boxing Masih Menyala

Presiden Jokowi mengatakan, target tersebut memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil diwujudkan.

"Saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu bisa menetas," ucap Presiden Jokowi.

Di akhir sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan melepas Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Kontingen SEA Games 31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan," ucap Presiden Jokowi.

SEA Games 2021
Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Sebelumnya, Kontingen Indonesia untuk SEA Games terlebih dahulu dikukuhkan oleh Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, di Hall A Senayan, Jakarta, Minggu (8/5).

Acara pengukuhan juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali. Hadir pula Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono, dan Bendahara Umum NOC Indonesia, Tommy Hermawan Lo.

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali menyebut Indonesia hanya mengirimkan para atlet yang berpotensi menorehkan prestasi di SEA Games 2021. Ada pengurangan jumlah atlet secara signifikan dari yang berlaga di SEA Games 2019 Manila.

"Pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games pada yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan Presiden Joko Widodo," ujar Menpora Zainudin Amali.

"Di mana arahan (Presiden Joko Widodo) meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Peraturan Presiden (Perpres) salah satu pembeda antara SEA Games sebelumnya (2019), kira-kira berkurang hampir 50 persen. Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi," tambah Zainudin Amali.

Pada SEA Games 2021, Kontingen Indonesia mengirimkan 499 atlet dari 32 cabang olahraga (cabor). Menpora Zainudin Amali mengatakan, ajang SEA Games 2021 ini harus dijadikan sebagai persiapan menghadapi event yang lebih besar, seperti Asian Games 2022 Hangzhou dan Olimpiade 2024 Paris.

"Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun demikian kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," ujar Menpora Zainudin Amali.

Tim Indonesia Kontingen Indonesia Joko widodo Presiden joko widodo SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News Menpora Zainudin Amali Zainudin Amali
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan