BolaSkor.com - Tim nasional Jerman dengan gagah melangkah ke Piala Dunia 2018 Rusia. Maklum, Manuel Neuer dan kawan-kawan datang dengan status juara bertahan. Namun, pada kenyataanya Jerman justru angkat koper pada babak grup.

Der Panzer di luar dugaan tak mampu mengimbangi permainan Meksiko yang penuh semangat pada laga pembuka Grup F. Jerman gagal membalas gol Hirving Lozano pada menit ke-35.

Pada laga kedua, Jerman nyaris kembali gagal menang saat bersua Swedia. Beruntung, tendangan bebas Toni Kroos pada akhir laga berhasil mengubah skor menjadi 2-1.

Puncak anomali timnas Jerman terjadi pada laga pamungkas Grup F. Unggul segalanya dari Korea Selatan, Thomas Muller justru kalah 2-0. Hasil tersebut membuat Jerman harus pulang kampung.

Baca juga: Pesan Mengharukan Raheem Sterling untuk Bocah yang Menjadi Korban Rasisme

Timnas Jerman

Kepulangan Jerman yang terlalu dini menjadi pukulan telak. Beberapa pihak mengkritik habis-habisan taktik dan pilihan pemain Joachim Low. Bahkan, bola salju terus bergulir hingga Mesut Ozil memutuskan gantung sepatu dari tim nasional.

Satu di antara keputusan Low yang mengundang tanda tanya adalah tidak dibawanya gelandang Manchester City, Leroy Sane. Saat itu, Low lebih memilih memanggil muka baru, Timo Werner.

Akibatnya, Sane dan Low sempat dikabarkan saling bersiteru. Pemain berambut ikal tersebut tidak habis pikir kenapa dirinya tak dibawa ke Rusia meski bermain apik bersama Manchester City.