BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, resmi membuka Indonesia Open International Virtual Pencak Silat Tournament Jurus Tunggal dan Beregu di Jakarta, Sabtu (15/8). Turnamen ini merupakan langkah pertama pencak silat menuju Olimpiade.

Sesua dengan misi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2032, pencak silat diupayakan bisa menjadi satu di antara cabang olahraga yang dipertandingkan. Harapannya, seni bela diri ini bisa diikutkan dalam eksibisi pada Olimpiade 2024 terlebih dahulu.

Menpora turut berkaca pada kesukesan Indonesia pada Asian Games 2018. Kala itu, perolehan medali emas banyak didapat dari pencak silat.

“Pencak silat harus kita upayakan menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan di Olimpiade. Sampai saat ini pencak silat baru bisa menembus Asian Games. Di Asian Games 2018 Indonesia lalu cabor pencak silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak untuk Indonesia," kata Zainudin.

“Tahun 2032 kita berencana menjadi tuan rumah Olimpiade. Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada kami agar Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032," imbuh dia.

Memerjuangkan pencak silat sebagai cabang olahraga Olimpiade turut melestarikan warisan leluhur Indonesia sebagai tempat di mana pencak silat berasal.

“Silat adalah olahraga beladiri warisan leluhur dan warisan budaya bangsa harus kita kembangkan. Beberapa negara telah mengembangkan olahraga beladiri. Kita di Indonesia tentu harus secara terus menerus mendorong pengembangan pencak silat ini," tutur Zainudin.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI sekaligus President International Pencak Silat Federation (Persilat) Prabowo Subianto menyampaikan melalui turnamen pencak silat ini akan memberikan kontribusi penting di tengah Pandemi, juga sebagai cara mempertahankan imunitas tubuh tetap kuat melawan bahaya Covid-19.

Baca Juga:

Pertahankan Pelatih, Riau Ega Dicoret Perpani untuk Olimpiade 2020

PASI dan Perpani Tanda Tangani MoU dengan Kemenpora

"Kami mengingatkan kembali kepada seluruh peserta tentang nilai-nilai Pencak Silat. Pencak Silat adalah bentuk dari seni beladiri tapi beladiri yang digunakan untuk mempertahankan diri. Beladiri ini tidak boleh digunakan untuk melakukan kejahatan-kejahatan," ujar Prabowo.

"Selamat bertanding jaga sportifitas, terimakasih kepada seluruh peserta baik dari dalam negeri dan luar negeri mari bekerja bersama, tetap jaga hubungan baik ini, lakukan yang terbaik dalam semua hal," imbuh dia.

Penyelenggaraan Indonesia Open International Virtual Pencak Silat Tournament Jurus Tunggal dan Beregu merupakan prestasi yang bisa dibanggakan. Dengan adanya ajang ini, jalan pencak silat menuju Olimpiade bisa lebih mudah.

“Sebagai dewan sesepuh Persilat, saya sangat antusias dengan event ini yang pertama kalinya diselenggarakan secara virtual dari seluruh dunia. Event ini merupakan satu di antara banyak turnamen menuju Olimpiade,” ujar Dewan Sesepuh Persilat, Eddie M Nalapraya.