LIB Butuh Waktu, Liga 1 2021 Belum Pasti Mulai Maret

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 21 Januari 2021
LIB Butuh Waktu, Liga 1 2021 Belum Pasti Mulai Maret
Persija saat menjamu Persib pada Juli 2019. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan format dan jadwal Liga 1 2021 diserahkan kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Ia memprediksi bahwa PT LIB membutuhkan waktu untuk hal tersebut.

Hal ini disampaikan menyusul rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (20/1). Rapat Exco menghasilkan setidaknya empat poin keputusan terkait kompetisi.

Poin pertama bahwa kompetisi musim 2020 dibatalkan karena kondisi kahar atau force majeure sebagai dampak pandemi COVID-19. Poin lain memastikan bahwa kompetisi 2020 tidak memiliki juara dan tim yang terdegradasi.

Baca Juga:

Madura United Belum Bisa Melangkah Usai Liga 1 2020 Dibatalkan

Persib Menyesalkan Keputusan Rapat Exco PSSI soal Liga 1

Keputusan ketiga bahwa peserta Liga 1 dan 2 2021 adalah peserta liga musim 2020. Poin keempat yakni soal kontrak pemain yang dijelaskan mengacu pada aturan klub terkait keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing.

"LIB diminta format kompetisi berikut jadwalnya. Karena itu membutuhkan diskusi agak rumit dan menyangkut sinkronisasi jadwal timnas senior, termasuk SEA Games, PON, itu tentu butuh waktu bagi LIB membuat formulasi, sistem, termasuk jadwal," kata Yunus Nusi.

Sehingga kompetisi musim 2021 belum pasti kapan mulai digelar. Sebelumnya ada usulan diselenggarakan mulai Maret, selain opsi memulai setelah lebaran dan Agustus 2021.

"Kita menunggu format, sistem, dan jadwal yang dibuat LIB."

Terlebih kompetisi membutuhkan izin kepolisian lebih dulu.

”Ketika LIB sudah buat format, sistem, dan jadwal, kita akan pelajari dan bahas di rapat Exco. Perizinan tetap, PSSI dan LIB akan berusaha mengadakan pembicaraan dengan kepolisian, Kemenpora agar ada persetujuan," tambah Yunus Nusi.

PT LIB Pssi Liga 1 PT Liga Indonesia Baru Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan