BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 mencatatkan sukses ganda. Bukan saja melibas Singapura U-16 9-0, tim Garuda Muda juga menyimpan pemain untuk diturunkan melawan Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022.

Dua kemenangan awal sejatinya sudah diprediksi. Bila melihat track record, Filipina dan Singapura memang tak terlalu kuat di level usia muda.

Namun, skor 9-0 terbilang mengejutkan. Vietnam yang disebut-sebut sebagai tim kuat saja hanya menang 5-1 atas Singapura.

Sembilan gol yang dicatatkan Indonesia berasal dari Muhammad Nabil Asyura menit ketiga, 17 dan 30 dan Muhammad Kafiatur Rizky menit ke 35 dan 43.

Baca Juga:

Timnas U-16 Menang 9-0, Bima Sakti Ingatkan Pemain Tak Larut Euforia

Timnas U-16 Hajar Singapura 9-0, Vietnam Gulung Filipina


Lalu, ada juga dari Mokh Hanif Ramadhan menit ke-21, Riski Afrisal menit ke-59, Waliy Marifat menit ke-80 serta I Komang Ananta Krisna Putra menit ke-90+2

Dari segi permainan, Timnas U-16 menunjukkan perbaikan yang signifikan. Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, pun menyebut anak asuhnya bermain sesuai strategi.

"Alhamdulillah kami bisa menang dan sesuai dengan instruksi saya. Mereka bisa menjalankan taktik yang kita harapkan. Dari hasil skor juga semoga menjadi modal menatap pertandingan melawan Vietnam," kata Bima Sakti, Rabu (3/8) malam.

Strategi mengejar gol cepat juga berbuah manis lagi, setelah sebelumnya mencatatkan gol menit keempat saat melawan Filipina. Kali ini, Nabil Asyura bisa mendapatkan gol pertama menit ketiga.

"Di menit awal harus pressing lawan, karena menit awal dan akhir itu krusial buat tim di setiap pertandingan. Kita manfaatkan itu saat tim lawan tidak siap atau lengah," tutur Bima Sakti.

Kemenangan ini disebut sebagai sukses ganda karena Timnas U-16 turut melakukan rotasi guna bersiap melawan Vietnam U-16, Sabtu (6/8) malam. Timnas U-16 mengistirahatkan dua pemain belakang, Habil Abdillah Yafi serta Sulthan Dzaky Pramana Putra Razak.

Pada jeda babak, Timnas U-16 juga langsung menarik tiga andalan, Arkhan Kaka Putra Purwanto, Muhammad Kafiatur Rizky dan Rizdjar Nurviat Subagja.

"Habil dan Sulthan Dzaky pada pertandingan pertama kerja keras dan memang sedikit ada problem dengan cedera," jelas Bima Sakti.

Timnas U-16 punya dua sesi latihan lagi sebelum melawan Vietnam U-16. Laga ini tetap digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)