BolaSkor.com - Operator kompetisi sepak bola profesional di Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), menegaskan jadwal Liga 1 2018 tetap berjalan saat penyelenggaraan Piala AFF tahun ini. Artinya, Liga 1 tidak akan berhenti ketika Piala AFF 2018 berlangsung.

Seperti diketahui, Piala AFF 2018 akan dimulai pada medio November hingga Desember tahun ini. Regulasi Piala AFF 2018 berbeda dengan biasanya, di mana setiap negara masing-masing memainkan dua partai kandang dan tandang. Ada 10 negara yang ikut serta dengan pembagian dua grup.

"Jadwal Liga 1 2018 sudah pasti bertabrakan dengan jadwal Piala AFF Senior. Liga 1 2018 berjalan seiringan dengan Piala AFF. Kita sudah mendapat sinyal dari PSSI akan hal ini," kata Chief Operating Officer PT LIB, Tigor Shalomboboy, saat konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/3).

Di sisi lain, Liga 1 2018 hanya berhenti saat penyelenggaraan Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 2018 dimulai pada tanggal 23 Maret, dan direncanakan berakhir pada bulan Desember tahun ini. Bhayangkara FC kontra Persija Jakarta menjadi laga pembuka Liga 1 2018, yang rencananya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

"Ada beberapa juga yang mungkin menemui masalah di beberapa daerah, karena adanya Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2018. Kita hitung ada 25 minggu, kalau estimasi tanggal 23 Maret hingga 2 Desember. Artinya, ada sembilan pekan yang padat. Besok baru kami kasih draft jadwal ke para klub Liga 1," ungkap Tigor.

"Semua akan diputuskan melalui manager meeting tanggal 15 Maret 2018. PSSI dan perwakilan dari Timnas Indonesia akan hadir dalam manager meeting, untuk membahas progamnya dan disesuaikan dengan klub guna perhelatan Piala AFF 2018. Begitupun pembahasan intensif untuk para klub Liga 1 yang menggunakan pemain U-23. Mekanismenya seperti apa, akan dibahas di manager meeting."